Ini Dia, 6 Bahan Makanan yang Bisa Kamu Jadikan Masker Untuk Kulit Wajah

0
113
Foto : motherandbaby.co.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat, bersih dan glowing seperti artis-artis di film Korea. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan dan skincare yang tentunya membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

Tetapi ternyata sebenarnya perawatan kulit tidak hanya bisa dilakukan di klinik saja lho. Kamu bisa melakukan perawatan di rumah dengan memanfaatkan bahan makanan yang kamu miliki di kulkas. Tetapi sebelumnya, kamu harus memahami terlebih dahulu kondisi dari kulit wajah kamu sendiri ya.

Berikut ini beberapa rangkuman berbagai bahan makanan yang bisa kamu jadikan masker wajah beserta kegunaannya untuk kulit :

  1. Lidah Buaya
Foto: sehatq.com

Lidah buaya atau aloe vera memiliki daging dan getah yang dapat diolah sebagai obat herbal atau produk-produk kecantikan. Masker lidah buaya dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawatruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis.

2. Tomat

Foto: jatim.tribunnews.com

Kaya akan antioksidan, tomat mampu melawan radikal bebas yang menerpa kulit. Vitamin C dan potassion di dalamnya juga akan membuat kulit cerah dan glowing. Kamu dapat membuat masker dari tomat dengan berbagai cara seperti mencampurkan dengan madu, lemon atau minyak zaitun.

3. Timun

Foto: hellosehat.com

Timun merupakan salah sayuran yang mengandung banyak air. Ini membuat timun dapat menyegarkan wajah dengan baik. Cukup iris timun setipis mungkin. Lalu, dinginkan selama 15 menit di freezer. Tempelkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Masker ini cocok dipakai untuk kamu yang sering begadang agar wajah tidak terlihat kusam.

4. Kunyit

Foto: hot.liputan6.com

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Sifat anti inflamasi dari kurkumin tersebut menjadi antioksidan yang baik untuk kulit wajah. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi permasalahan jerawat di wajah kamu dan menyamarkan bekasnya lho.

5. Alpukat

Foto: popmama.com

Buah Alpukat juga bisa dijadikan masker wajah yang memiliki beberapa manfaat seperti melembapkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, menghaluskan kulit, dan membantu proses dari penyembuhan luka.

6. Kopi

Foto: lifestyle.kompas.com

Masker wajah dari kopi bisa langsung dibuat dengan mencampurkan kopi bubuk dengan sedikit gula dan kemudian mencampurnya dalam air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, kita bisa mengoleskannya ke wajah sembari menggosoknya pelan. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Masker kopi ini ampuh mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah.

 

Tinggalkan Komentar