Menikmati Berbagai Fauna di Taman Safari Indonesia II Prigen

0
722
Foto : jejakpiknik.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Taman Safari Indonesia II Pringen, berlokasi di Taman Nasional Gunung Arjuna, Prigen Pasuruan Jawa Timur memiliki luas area 350 hektar dan menjadi yang terluas di  Asia Tenggara. Wisatawan yang berkunjung disini belum merasa afdol kalau tidak merasakan paket wisata Safari Adventure. Paket wisata ini mengajak para wisatawan untuk membelah lebatnya belantara Taman Nasional Gunung Arjuna untuk melihat fauna yang beragam mulai dari harimau benggala, singa afrika, beruang coklat raksasa dan serta aneka hewan langka yang menjadi penghuninya. Selain itu, Taman Safari Indonesia II Prigen juga menghadirkan satwa exotic dari 5 benua dan memiliki tujuh pertunjukkan pendidikan hewan terbaik di Asia Tenggara.

Prestasi yang diraih dari taman nasional ini adalah pusat konservasi paling sukses dalam penyelamatan Banteng Jawa dan Gajah Sumatera di dunia. Taman Nasional Safari II Prigen ini, ditunjuk pemerintah sebagai pusat penjaga silsilah atau Stud Book Keeper bagi gajah-gajah Sumatera dan Banteng Jawa yang sangat di lindungi di luar habitatnya. Penghargaan yang di raih ini tidak terlepas dari keberhasilan Taman Safari Prigen dalam program penyelamatan Gajah liar di Waykambas Lampung serta Banteng Jawa di Taman Nasional Meru Betiri.

Khusus untuk konservasi penyelamatan Banteng Jawa, taman nasional ini berhasil  mengembangbiakan menjadi 23 ekor dari 7 banteng Jawa yang berhasil dievakuasi setelah mengamuk di pemukiman warga di sekitar Taman Nasional Meru Betiri – Jember dalam waktu kurang dari 5 tahun. Untuk saat ini populasi Banteng Jawa mengalami peningkatan di Taman Safari Prigen, dengan jumlah populasi yang besar taman ini diharapkan menjadi pusat penangkaran Banteng Jawa.

Selain itu program kerjasama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur pun sedang dilakukan untuk pengembangan program pemuliaan genetis sapi Bali dengan sperma banteng Jawa yang super kuat tersebut. Melalui  program ini diharapkan bisa didapatkan keturunan sapi bali berbadan dan daya tahan super yang tentu akan menjadi angin segar bagi dunia peternakan di Indonesia.

Berbagai species fauna langka telah berhasil ditangkarkan oleh Taman Safari Prigen, mulai dari Banteng Jawa, Burung Jalak Bali, Jerapah, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera dan ratusan species langka lainnya. Keberhasilan dalam penangkaran species langka tentunya tidak terlepas dari pendanaan yang banyak. Sebagai contoh adalah  satu suntikan yang harus diberikan ketika seekor harimau sakit bisa menghabiskan dana mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 12 juta. Sementara total dari satwa yang harus diawasi oleh Taman Safari Indonesia sudah lebih dari 2 ribuan ekor.

Tinggalkan Komentar