Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

0
177

Ini dia satu lagi kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain ada Danau Labuan Cermin, disinilah letak Kepulauan Derawan yang mempesona hingga ke mancanegara, daya tarik baharinya mampu membius para penyelam kelas dunia. Setidaknya ada empat pulau yang populer di kepulauan ini yakni Maratua, Derawan, Kakaban, dan Sangalaki. Kakaban bahkan menjadi tempat tinggal habitat penyu hijau dan penyu sisik.

Di kawasan ini terdapat beberapa ekosistem pulau kecil yakni terumbu karang, hutan bakau (mangrove) juga padang lamun. Selain itu hidup banyak spesies yang dilindungi pemerintah seperti penyu langka yang disebut diatasm ikan barakuda, duyung, lumba-lumba, kima, dan masih banyak lagi lainnya.

19885-0_663_382

Pada tahun 2005, kepulauan ini dicalonkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kawasan ini bisa dibilang masih terjaga ekosistemnya, penggunaan lahan hanya sebatas perkampungan tempat tinggal saja, sisanya masih dalam bentuk mangrove, belukar, bahkan hutan kapur. Potensinya meliputi eksistensi terumbu karang yang tersebar luas di seluruh pulau juga gosongan, ikan karang yang jumlahnya ratusan jenis. Selain tentunya panoramanya yang indah, asri, alami, udara bersih, air laut yang jernih, ditambah surga dunia yang bisa anda temui di perairan bawah lautnya, meski begitu pemerintah Kabupaten Berau telah merencanakan kawasan konservasi bagi pulau-pulau di kawasan ini supaya keragaman hayati yang ada tetap terjaga. Derawan memiliki suasana tropis yang sempurna, habiskan kunjungan anda disini untuk menikmati kegiatan diving, snorkling, berenang, dan kegiatan seru lainnya. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (foto: 1001wisata.com; log.viva.co.id)

Tinggalkan Komentar