Air Terjun Toroan, Menikmati Sunset di Air Terjun

0
31

Apa anda pernah membayangkan bagaimana rasanya menikmati sunset dari air terjun, tentu saja aneh, atau lebih tepatnya tidak mungkin. Karena kebanyakan air terjun berada di tengah hutan yang sangat sulit untuk menikmati indahnya sunset. Tapi semua bayangan anda bisa terealisasi jika anda datang ke Air Terjun Toroan.

Air Terjun Toroan merupakan sebuah air terjun yang berada dalam kawasan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Tepatnya berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang. Walaupun objek wisata yang satu ini belum difasilitasi dengan baik untuk kenyamanan para wisatawan, tetapi akses menuju air terjun ini tidak begitu sulit, apalagi jika anda sudah berada di Kabupaten Sampang.

Kealamian Air Terjun Toroan masih sangat terjaga. Terlebih dengan adanya  keunikkan yang jarang dimiliki oleh air terjun pada umumnya. Jika biasanya air terjun berada di hutan atau perbukitan, maka air terjun ini berada di pesisir pantai yang membuat air yang jatuh langsung bercampur dengan kawasan muara Laut Jawa. Jadi jangan heran kalau anda bisa menikmati indahnya sunset di ufuk barat dari kawasan ini.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki suasana yang rindang karena masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan di sekitarnya. Air yang jatuh dari  ketinggian juga terasa sangat segar dan sangat sayang untuk melewatkan kesempatan menikmati kesegaran airnya.

Bebatuan dan view pantai lengkap dengan pasirnya menjadi pemandangan unik tersendiri ketika anda bertandang ke kawasan Air Terjun Toroan. Pada sore hari, anda bisa menikmati momen matahari terbenam atau yang dikenal dengan sunset.

Sayangnya air terjun ini belum dikembangkan secara maksimal oleh pemerintah daerah setempat. Tak adanya fasilitas toilet umum, kamar ganti, tempat ibadah, penginapan, rumah makan bahkan penjual-penjual makananpun belum bisa anda temukan di sekitar Air Terjun Toroan. Untuk itu, sebaiknya jika anda akan menuju ke air terjun ini harus menyiapkan persiapan yang cukup lengkap.

Baca Juga:  "Berkaca" di Danau Labuan Cermin

Untuk menuju ke air terjun toroan, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Setelah masuk madura melalui jembatan suramadu, masuk ke arah jalan pantura Bangkalan ataupun melalui arah Sampang. Anda tinggal menuju Kecamatan Ketapang dan jarak Air Terjun Toroan dengan ibukota kecamatan hanya sekitar 4 kilometer saja. Anda akan melewati dua kali jembatan besar dan setelah melewati jembatan kedua anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar mengenai lokasi dari Air Terjun Toroan. (ensiklopediaindonesia.com) (foto: eastjavatraveler)

Tinggalkan Komentar