Bunga Edelweiss dengan Mitos Keabadiaannya

0
632
Foto : phinemo.com

ENSKLOPEDIAINDONESIA.COM – Edelweiss, bagi para pecinta alam pastinya sudah tak asing lagi dengan bunga yang satu ini, karena Edelweiss hanya bisa ditemukan di puncak gunung atau di lereng-lereng gunung. Edelweiss dikenal sebagai bunga yang hanya bisa tumbuh dan besar di ketinggian gunung dan memerlukan sinar matahari penuh.

Di Indonesia, Edelweis atau yang sering disebut dengan Everlasting Flower sudah masuk dalam kategori tanaman yang dilindungi. Di wilayah gunung Bromo – Tengger Jawa Timur, tanaman ini dianggap punah. Jumlahnya yang terus menurun membuat tanaman ini termasuk yang dilindungi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango , Jawa Barat. Bahkan larangan untuk memetik bunga ini terpampang jelas.

Dalam penyebarannya, Edelweiss merupakan spesies tanaman berbunga endemik yang banyak ditemukan di daerah pegunungan di Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Lombok. Edelweiss bisa tumbuh di tempat dengan sinar matahari penuh. Tinggi tanaman edelweiss dalam ukuran dewasa bisa mencapai hingga 8 meter tingginya, tapi pada umumnya hanya mencapai tinggi kurang dari satu meter. Bunga edelweiss umumnya terlihat antara bulan April – Agustus, dimana pada sekitar akhir Juli – Agustus merupakan fase mekar terbaiknya.

Bunga Edelweiss sangat popular dikalangan wisatawan. Sebelum dijual, Edelweiss dikeringkan dan baru dijajakan sebagai souvenir. Kondisi inilah yang menyebabkan spesies tanaman ini mengalami kelangkaan. Syukurnya bunga Edelweis Jawa sudah mulai banyak dibudidayakan oleh para petani di daerah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Para petani ini membudidayakannya dengan cara menanam anakan yang tumbuh dari biji dan tersebar di sekitar pohon induknya serta ditanam di daerah dataran tinggi lebih dari 1000 mdpl, pada tanah liat berkapur atau berpasir dengan pH ( keasaman tanah ) antara 4 – 7.

Di balik keindahan dari bunga edelweis ternyata tersimpan sebuah mitos. Siapapun yang memberikan bunga ini kepada pasangannya, maka cintanya akan abadi. Tidak sedikit para pencinta yang menjadikan bunga abadi ini menjadi salah satu hadiah spesial bagi pasangannya. Tentu saja agar cinta mereka abadi seperti everlasting flower ini. Selain itu bunga edelweiss kebanyakan tumbuh di puncak atau lereng gunung. Butuh perjuangan yang tidak mudah untuk mendapatkannya. Hal ini jugalah yang membuat makna dalam sekuntum Edelweiss semakin dalam. Jika anda memaknai Edelweiss sebagai cinta yang abadi, mari kita jaga bunga Edelweiss agar tetap lestari dan abadi di alamnya.

Tinggalkan Komentar