Nasi Lengko, Super Simple Super Delicious Culinary from Cirebon

0
34

Kuliner khas Cirebon tak melulu empal gentong saja lho…selain nasi jamblang, disini juga ada menu dari nasi yang wajib anda coba saat berkunjung ke Cirebon, namanya Nasi Lengko. Nasi lengko merupakan salah satu masakan khas Cirebon, selain Nasi Jamblang, Empal Gentong dan Docang. Dari proses pembuatannya, Nasi Lengko merupakan menu yang paling sederhana dan mudah meraciknya. Namun rasanya tetap nomor satu.

Meski tak belum jelas bagaimana Nasi Lengko ini ditemukan, namun masakan yang satu ini sudah mendarah daging di Cirebon. Jika anda sedang berada di Cirebon, Nasi Lengko bisa ditemui di sekitar jalan Pagongan Cirebon, Foodcourt GrageMall dan warung nasi yang ada di pinggir jalan.

Jikapun anda tidak berada di Cirebon, anda tetap bisa membuatnya di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan sederhana, saking sederhanannya, ibu-ibu rumah tangga di Cirebon paling suka memasak Nasi Lengko. Alasannya adalah selain mudah prosesnya, bergizi dan rasanya lezat.

Untuk membuat Nasi Lengko, anda hanya menyiapkan tahu dan tempe goreng, tauge rebus, irisan mentimun, dan jangan lupa sambal kacang atau sambal kecap yang menjadi senjata pamungkas Nasi Lengko. Untuk membuatnya lebih sempurna, anda bisa menambahkan bawang goreng dan irisan kucai.

Langkah awalnya adalah tempe dan tahu yang sudah digoreng, diiris kotak-kotak. Kemudian tuangkan nasi ke atas piring sesuai keinginan. Letakan irisan tahu, tempe, tauge dan irisan mentimun di atas nasi. Kemudian siram dengan sambal kacang sesuai selera dan jangan lupa tuangkan kecap kental manisnya di atas sambal. Wah….benar-benar simple dan menggoda selera!

Jadi, tunggu apalagi, tak perlu datang ke kota Cirebon kan untuk dapat membuat salah satu masakan khasnya. Mencari bahan masakannya mudah dan gampang juga cara membuatnya, selamat mencoba. (ensiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Gua Sunyaragi, Wisata Bersejarah di Cirebon

Tinggalkan Komentar