Karya Mahasiswa Indonesia Lolos Kompetisi Airbus

0
213
Tim Rajawali UGM, Sumber : merdeka.com

Dua tim mahasiswa Indonesia melaju ke babak kedua kompetisi inovasi industri penerbangan yang digelar oleh perusahaan pesawat Airbus dan UNESCO. Kedua tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Sebelas Maret ini lolos dalam kompetisi ‘Fly Your Ideas’ yang digelar produsen pesawat terbang Airbus.
Tim dari Indonesia adalah Tim Rajawali dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta dan Tim Fly Green dari Universitas Sebelas Maret, Solo. Keduanya termasuk 100 tim teratas yang proposalnya masuk ke babak kedua. Proposal mereka diuji 50 juri dari Airbus.
Tim dari UGM merancang teknologi sumber listrik alternatif bagi bandar udara yang disebut Piezzoelectrics. Ketua Tim Rajawali Hibran Maksum mengatakan, bandara selalu dipenuhi ribuan orang setiap hari dan beroperasi selama 24 jam. Dengan kebutuhan biaya operasional listrik yang naik terus, maka diperlukan sumber listrik alternatif. Sumber listrik alternatif tersebut dihantarkan oleh manusia setiap kali melangkah.
Sedangkan tim Fly Green dari Solo mengusulkan penggunaan teknologi HHO dan cryo-electric untuk Airbus Stingray. Airbus Stingray merupakan salah satu konsep pesawat masa depan yang tengah dikembangkan Airbus.
Di babak kedua, selama 100 hari, seluruh tim akan didampingi seorang mentor dan seorang pakar Airbus untuk membantu mereka mengembangkan ide. Selanjutnya hanya dipilih lima tim ke babak final. (berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar