Masalah Kesehatan Jika Terlalu Banyak Duduk

0
31

Sudah banyak artikel kesehatan yang menginfokan efek buruk bagi kesehatan jika duduk terlalu lama. Namun bagaimana lagi, bagi sebagian besar orang, duduk berjam-jam seharian tidak bisa dihindari. Terlebih bagi mereka yang bekerja di kantor. Duduk terlalu lama dikaitkan dengan meningkatnya potensi terserang penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskuler dan beberapa jenis kanker. Hal ini tidak lain karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan banyak orang sehingga memicu timbulnya penyakit.

Aktivitas fisik, bergerak atau olahraga, memang memberi sistem imun kekuatan untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit. Bukan hanya itu, otot tidak bergerak dan menjadi terbiasa dengan “tanpa aktivitas fisik”, ini akan melemahkan kekuatan otot dan menjadikan Anda malas.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meluangkan waktu setiap 1 jam sekali untuk pergi ke pantry atau ke toilet. Gerakkan tubuh seakan Anda melakukan pemanasan. Alternatif lain, coba luangkan waktu 5-10 menit untuk berdiri atau melakukan peregangan setiap 2 jam. (berbagai sumber)

Baca Juga:  Malas Memenuhi Kebutuhan Cairanmu? Pakai Trik Ini

Tinggalkan Komentar