Miliki Ingatan Tajam Dengan Tips Simple Ini

0
38

Umur setiap orang akan selalu bertambah dan proses penuaan tubuh juga akan ikut berjalan. Seiring bertambahnya umur, biasanya kemampuan tubuh, terutama otak, juga bisa menurun. Penurunan ini terjadi secara alamiah dan setiap orang tidak bisa menghindari. Hanya saja setiap orang bisa memperlambatnya. Apalagi bagi mereka yang masih muda tentu sangat tidak ingin dibilang pikun bukan. Berikut ini ada cara-cara menjaga tubuh tetap kuat dan ingatan tajam meski tubuh sudah tidak muda lagi, berikut ini caranya:

Makan makanan sehat

Perbanyak makan sayuran, buah dan ikan. Hindari daging berlemak dan makanan yang digoreng serta santan. Mengurangi mengkonsumsi lemak jenuh akan mengurangi risiko penurunan kemampuan otak. Nutrisi dari sayur, buah dan ikan akan meningkatkan kemampuan otak. Apalagi untuk usia anak-anak dimana diusia tersebut masih dalam tahap perkembangan anak.

Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan membantu menjaga aliran darah ke otak dan mengurangi risiko seperti tekanan darah tinggi. Olahraga juga membantu menguatkan sistem imun tubuh, menjaga tubuh tetap bugar, dan mencegah nyeri sendi. Olahraga hendaknya dilakukan minimal seminggu sekali. Dengan berolahraga kita akan mendapatkan tubuh yang sehat.

ingatan tajam
sumber: ngetrendz.com

Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi

Kondisi kadar kolesterol yang tinggi akan mempermudah tubuh terserang penyakit dan mempercepat proses penuaan, tidak terkecuali pada otak. Bahkan kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan potensi demensia atau kehilangan ingatan. Tentu ini kita ingin mengalaminya bukan. Kolesterol juga berhubungan dengan kesehatan jantung.

Merangsang kemampuan otak

Jangan kira setelah anda tua Anda tidak butuh kegiatan lain untuk merangsang otak. Belajar hal baru, memulai hobi baru yang belum pernah Anda lakukan dan banyak bersosialisasi akan sangat baik mengasah kemampuan otak. Bukan hanya anak muda saja yang butuh belajar dan berinteraksi dengan banyak orang.
Tentu saja semakin Anda bertambah usia, kebiasaan buruk seperti merokok juga harus dihentikan. Sebaliknya, biasakan memperbanyak minum air putih.

Baca Juga:  Makanan yang Efektif Mencegah Flu

Lakukan hal-hal diatas ditambah lagi dengan melakukan pola hidup yang sehat maka kesehatan jiwa dan raga kita akan senantiasa terjaga. jika badan kita sehat maka memiliki ingatan yang tajam adalah bonusnya.

(berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar