Ampo, Si Snack Dari Tanah Liat Asli Tuban

0
47

Bagi sebagian besar orag, memakan benda-benda yang tidak lazim dimakan seperti batu dan pasir merupakan hal yang aneh. Kebanyakan kita mendengar hal-hal aneh tersebut dari luar negeri. Tapi, ternyata di Indonesia juga punya kuliner unik yang berasal dari tanah liat. Ampo, snack unik asli dari Tuban, Jawa Timur, merupakan satu-satunya makanan olahan dari tanah liat yang dipanggang.

Bagi warga Tuban, memakan ampo sudah bukan hal yaneh lagi. Mereka memakan ampo seperti layaknya orang lain memakan stik coklat, apalagi memang bentuk ampo ini cukup menggoda. Berwarna coklat pekat dan berbentuk panjang, persis seperti stik coklat. Bagi masyarakat Tuban, ampo dipercaya bisa menguatkan sistem pencernaan. Dan bagi ibu hamil, konon katanya jika mereka memakan ampo saat mengandung, anak yang dilahirkan akan memiliki kulit yang halus.

Sebelum diolah menjadi ampo, tanah liat dibersihkan terlebih dahulu dari batu dan kerikil. Setelah memperoleh tanah liat yang bagus, sampai adonan tanah liat tersebut menjadi kalis, lalu dibentuklah balok tanah liat, dari balok tersebut, dibentuklah stik-stik ampo.

Setelah semua stik ampo siap, tempatkan ampo pada wajan besar, lalu dipanggang atau diasapi di atas tunggu tradisional sampai kering dan mengeras. Ampo, snack tanah liat khas Tuban sudah siap untuk dicicipi. Anda tertarik untuk mencoba? (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (prasetio30.hubpages.com)

Baca Juga:  Kue Pukis, Manis Empuknya Snack Khas Indonesia

Tinggalkan Komentar