Perhatikan 7 Tips Ini Saat Ingin Membeli Jaket Gunung

0
95
Foto : Eiger

Bagi para pendaki, salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki adalah jaket outdoor atau jaket gunung. Sesuai dengan namanya, jaket gunung memang didesain khusus untuk kegiatan ekstrem di luar ruangan, seperti mendaki gunung, penjelajahan, dan kegiatan outdoor lainnya.

Salah satu brand yang menyediakan jaket gunung kualitas terbaik adalah Eiger, sebuah brand lokal yang menyediakan kualitas perlengkapan outdoor terbaik. Bahkan merk Eiger sendiri telah dikenal di mancanegara dan tidak hanya peralatan outdoor saja, brand ini juga menyediakan berbagai keperluan yang cocok untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari dan telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Ketika melakukan kegiatan di luar ruangan atau mendaki gunung, suhu dingin serta cuaca yang tidak menentu harus sangat diperhatikan. Dengan menggunakan jaket gunung, Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap hal tersebut. Maka dari itu Anda harus teliti dalam memilih jaket gunung untuk digunakan. Berikut tips yang perlu Anda ketahui dalam memilih jaket gunung.

 

  1. Pilih Jaket yang Tahan Air

Pemilihan jaket yang tahan air atau waterproof sangat penting ketika kita sedang melakukan aktivitas mendaki gunung atau penjelajahan. Fungsinya adalah agar melindungi tubuh kita dari basah serta kedinginan karena hujan. Cuaca yang tidak menentu adalah wajar saat melakukan aktivitas outdoor, walaupun kita dapat melihat perkiraan cuaca tetapi antisipasi juga penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kedinginan bahkan hingga hipotermia.

Pada umumnya memang jaket gunung telah dilengkapi dengan fitur waterproof. Tetapi yang membedakan adalah kualitas bahan serta daya tahan terhadap air. Ada jaket gunung yang tahan air walaupun hujan deras dan ada jaket yang hanya mampu menahan air dalam volume kecil seperti gerimis.

  1. Jaket Dengan Fitur Windproof

Jika kebanyakan jaket gunung dilengkapi dengan fitur waterproof, sedikit berbeda dengan fitur windproof yang tidak dimiliki oleh semua jaket gunung. Sesuai dengan namanya, jaket dengan fitur windproof akan membantu Anda dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat walaupun di tengah angin kencang.

Dengan fungsinya untuk menghindari kita dari kedinginan karena angin kencang, jaket dengan fitur windproof memiliki daya tahan yang berbeda-beda tergantung dari material bahan yang digunakan. Ada jaket dengan bahan sedikit kaku yang berfungsi menjaga bentuk jaket di tengah angin kencang dan tidak menempel pada tubuh. Sedangkan jaket dengan bahan biasanya akan langsung menempel pada tubuh ketika angin kencang yang menyebabkan tubuh akan tetap merasakan sedikit dingin karena sentuhan jaket.

  1. Pilih Jaket Satu Ukuran Lebih Besar dari Ukuran Anda

Anda pasti bingung kenapa harus memilih jaket gunung satu ukuran lebih besar dari ukuran biasanya. Hal ini dikarenakan apabila Anda mengenakan jaket dengan ukuran pas di tubuh Anda, maka dapat dipastikan Anda akan merasa kurang nyaman ketika digunakan untuk mendaki gunung.

Jika Anda memilih jaket dengan ukuran yang sama, ketika suhu tubuh Anda meningkat Anda akan merasa sempit dan tidak nyaman. Kemudian apabila Anda menggunakan jaket yang terlalu besar, jaket gunung bisa menjadi beban selama pendakian. Maka dari itu disarankan untuk memilih jaket satu ukuran lebih besar dari biasanya.

  1. Bahan Polar Di Bagian Inner Jaket Sangat Penting

Bahan polar bersifat lembut, halus, serta dapat menjaga tubuh Anda tetap hangat di tengah suhu dingin. Jaket gunung dengan bahan polar yang bagus adalah bahan yang lembut dan tidak licin. Jika Anda menggunakan inner jaket yang berbahan licin, maka bahan tersebut akan menyerap dingin dan ketika bersentuhan dengan tubuh akan membuat Anda kedinginan.

  1. Perhatikan Jahitan Keseluruhan Jaket

Jaket gunung biasa digunakan dalam lingkungan yang cukup ekstrem, seperti bebatuan dan jalanan yang dipenuhi dengan semak-semak atau pohon yang lebat. Karena itu, jahitan yang ada pada jaket gunung juga harus diperhatikan dengan baik. Kualitas benang serta jahitan yang kencan dan rapi sangat perlu diperhatikan. Tidak hanya untuk kuat terhadap lingkungan pegunungan, melainkan juga agar dapat melindungi tubuh Anda dari suhu dingin dan basah.

  1. Warna Jaket yang Cerah Harus Selalu Menjadi Pilihan

Pilihan warna memang merupakan selera masing-masing orang. Akan tetapi ketika memilih jaket gunung, Anda disarankan memilih jaket dengan warna cerah agar mempermudah orang lain untuk mengenali Anda jika Anda tersesat atau hilang di gunung atau alam liar. Hindari memilih jaket dengan warna hijau tua, abu tua, dan hitam. Warna tersebut akan membuat Anda menyatu dengan lingkungan pegunungan sehingga membuat Anda susah dikenali dan tidak terlihat saat pendakian.

  1. Pastikan Jaket Memiliki Hoodie

Fungsi utama jaket gunung pada dasarnya adalah untuk menghangatkan tubuh dan melindungi tubuh dari segala suhu dan cuaca di gunung. Memilih jaket gunung yang memiliki hoodie dapat membantu melindungi bagian kepala dan leher Anda dari panas dan dingin. Model jaket gunung dengan hoodie sendiri ada 2 jenis, yaitu hoodie yang permanen menyatu dengan keseluruhan jaket, serta hoodie yang bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan.

Itulah 7 tips penting yang harus Anda perhatikan dalam membeli jaket gunung. Selaraskan dengan selera Anda dan pilih sesuai kebutuhan. Untuk menemukan kualitas jaket gunung terbaik, Anda disarankan mengunjungi toko resmi peralatan gunung di sekitar Anda. Anda juga dapat mengunjungi platform e-commerce seperti Blibli yang memiliki toko resmi dan terpercaya dari produk-produk jaket gunung, seperti Eiger.

Tinggalkan Komentar