5 Macam Jajan Tradisional Dari Singkong

0
1046

Ide kreatif masyarakat Indonesia dalam mengolah bahan pangan memang patut diacungi jempol. Hal ini bisa dilihat jelas dengan beribu-ribu resep olahan bahan pangan yang ada di Indonesia. Salah satu bahan pangan  yang paling sering dijadikan sebagai bahan utama adalah singkong. Berikut beberapa macam jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari singkong

1.      Combro

combro

Combro, makanan yang terbuat dari parutan singkong ini memang cukup populer dikalangan masyarakat, khususnya yang berada di Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero yang artinya: oncom di dalam. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

2.      Tiwul

tiwul

Tiwul, atau Thiwul merupakan  makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Tiwul dibuat dari gaplek (singkong yang dijemur). Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

3.      Gethuk

getuk

Getuk adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon atau singkong sebagai bahan utamanya. Getuk sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian dikukus atau direbus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

4.      Misro

misro

Misro, makanan yang juga khas Jawa Barat ini sangat mirip dengan Combro, bedanya hanya pada bentuknya dan isinya. Kalau Combro berbentuk oval dan agak lonjong, sedangkan misro berbentuk bulat. Begitupun dengan isinya, isi combro tentu saja sambal oncom, sedangkan isi misro adalah gula merah. Ini sesuai dengan namanya, yaitu amis ing jero, yang artinya manis didalam.

Baca Juga:  Sate Klathak, Daging Kambing Di Jeruji Besi

5.      Ongol ongol

ongol-ongol

Ongol-Ongol adalah salah satu jajanan tradisional yang populer di Jawa Barat, Indonesia. Bahannya mudah ditemukan di pasaran, antara lain terdiri dari singkong, air, gula Jawa, daun pandan, kelapa dan garam. Ongol-ongol ini juga merupakan makanan khas daerah Jawa Barat karena banyaknya ketersediaan bahan baku didukung oleh ketersediaan bahan baku yang asli daerah tersebut. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar