4 Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G serta Kekurangannya

0
44
Gambar : kompas.com

Samsung tak henti-hentinya melakukan inovasi pada produk unggulan Samsung Galaxy Series, termasuk salah satunya adalah Samsung Galaxy M23 5G. Ponsel pintar yang dirilis pada tanggal 22 April 2022 ini merupakan penerus langsung dari Galaxy M22.

Sesuai dengan namanya, Samsung Galaxy M23 5G telah didukung dengan kecepatan 5G yang akan memberikan pengalaman baru kepada Anda. Anda bisa menikmati streaming dan bermain game dengan lancar, serta mengunduh dan berbagi file dengan sangat cepat.

Meskipun begitu, Samsung Galaxy M23 5G bukanlah perangkat sempurna. Ponsel ini tak hanya memiliki kelebihan, namun juga memiliki kekurangan. Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

Tak bisa dipungkiri, Samsung Galaxy M23 5G memang termasuk salah satu ponsel unggul yang ada di kelasnya. Ponsel pintar ini juga bisa menjadi pilihan terbaik dengan harga terjangkau bagi Anda yang sangat menantikan kecepatan jaringan 5G.

1.     Tampilan Minimal dengan Desain Berkualitas

Dilihat dari segi desain, Samsung Galaxy M23 5G memiliki desain minimalis dengan bentuk melengkung dan tepi yang lembut. Ponsel ini hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Light Blue, Orange Copper, dan Deep Green dengan tampilan yang memberi kesan premium.

Pada bagian sisi kanan, Anda dapat menemukan tombol power sekaligus pemindai sidik jari dan tombol volume. Sementara pada bagian sisi kiri, terdapat triple slot untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD yang dapat ditambahkan hingga kapasitas maksimal 1 TB.

Sementara itu, bagian sisi atas terdapat mikrofon kedua dan bagian sisi bawah terdapat mikrofon utama, lubang speaker, jack audio 3,5 mm, dan port USB C. Tiga lensa kamera juga berbaris dalam modul bentuk elips bersama satu lampu flash kecil di bagian belakang.

Baca Juga:  Apa Saja Keuntungan Top Up Mobile Legends?

2.     Layar Sangat Jelas dan Mulus

Keunggulan selanjutnya adalah layar Galaxy M23 5G yang berukuran 6,6 inci beresolusi Full HD+ dengan menggunakan panel PLS TFT. Layar ponsel ini dilapisi dengan Gorilla Glass 5 dan memiliki kerapatan piksel 400 ppi, serta sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Tak hanya itu, layar Galaxy M23 juga sudah bersertifikat Widevine L1 sehingga mampu memutar film beresolusi Full HD Netflix dan menampilkan video YouTube hingga resolusi 2160p 60fps dengan format HDR.

3.     Dapur Pacu yang Mantap

Tak perlu khawatir dengan performa, ponsel produksi Samsung ini telah dibekali dengan SoC Snapdragon 750G untuk memperkuat dapur pacu menjadi semakin mantap. SoC tersebut juga sudah didukung dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Berbicara tentang Snapdragon 750G, SoC dari Qualcomm ini memiliki delapan core CPU yang terdiri dari dua core performa Kryo 570 Gold dengan clock speed hingga 2,2 GHz, dan enam core efisiensi Kryo 570 Silver dengan clock speed hingga 1,8 GHz.

Ponsel pintar ini juga masih kuat digunakan untuk memainkan game cukup berat, seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile, hingga game berat seperti Genshin Impact. Anda bisa mengaktifkan fitur alternate game performance management untuk kemampuan maksimal.

4.     Kamera dan Baterai Mumpuni

Kelebihan selanjutnya ada pada fitur kamera dan baterai. Pada fitur kamera, Galaxy M23 5G memiliki tiga kamera belakang, yakni kamera utama 50 MP, f/1.8, autofocus dengan sudut 80°, serta kamera ultrawide 8 MP, f/2.2 dan kamera makro 2 MP, f/2.4 dengan sudut 123°.

Sementara itu, kamera depan ponsel pintar ini memiliki resolusi 8 MP fixed focus dengan aperture f/2.2 yang dapat merekam hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps. Hasil jepretan ponsel ini juga bagus dan tidak terlalu banyak noise walaupun pada kondisi minim cahaya.

Baca Juga:  3 Smartphone Oppo Terbaik Dengan Harga Mulai 4 Jutaan

Selanjutnya pada baterai, Samsung telah membekali Galaxy M23 5G ini dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan ketahanan yang sangat baik. Apalagi dengan fitur fast charging 25W yang bisa mengisi 8% ke 100% dalam waktu 1 jam saja.

Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Setelah melihat beberapa kelebihan di atas, perlu diketahui juga beberapa hal yang mungkin menjadi sebuah kekurangan bagi Anda. Namun hal ini bisa jadi juga bukan sebuah masalah, bergantung pada selera masing-masing pemakai.

Pertama, Galaxy M23 5G memiliki bobot 198 gram sehingga akan terasa cukup berat bagi Anda yang biasa menggunakan ponsel dengan bobot 170 hingga 180 gram saja. Desain bodi ponsel ini juga tidak dilengkapi IP rating sehingga tidak ada jaminan tahan terhadap air.

Kedua, kamera pada Galaxy M23 5G baru bisa menghasilkan rekaman video stabil dengan resolusi 1080p 30 fps. Fitur Super Steady juga menyebabkan rekaman tampak lebih gelap pada malam hari.

Ketiga, speaker bawaan terasa kurang mantap karena masih mono dan belum stereo. Terakhir, paket penjualannya juga hanya terdiri dari dokumen, ejector kartu SIM, dan kabel USB C yang mana tidak menyediakan screen protector, softcase, dan kepala charger.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy M23 5G yang dijual dengan harga 3 jutaan. Meskipun memiliki sedikit kekurangan, namun ponsel ini tetap menawarkan banyak kepuasan meliputi performa, layar, kamera, hingga ketahanan baterai untuk Anda.

Jika Anda ingin memiliki ponsel pintar ini, Anda bisa membelinya melalui online marketplace terpercaya seperti Blibli. Selain mendapatkan harga miring, Anda juga berkesempatan menggunakan promo dan diskon yang tersedia. Yuk, belanja sekarang juga!

Tinggalkan Komentar