Burgo, Lakso dan Laksan Makanan Khas Palembang yang Tidak Banyak Orang Tahu

0
2789
https://www.bagi-in.com/makanan-khas-palembang/

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM –Salah satu kota terbesar di Indonesia dan menjadi ibukota provinsi Sumatera yang letaknya di bagian selatan, bisa dipastikan kota Palembang, kota ini mempunyai daya tarik tersendiri selain dengan adanya wisata alam berupa pegunungan, sungai, perkebunan, air terjun dan masih banyak lagi salah satunya adalah wisata kuliner yang cukup banyak jumlahnya.

Ada banyak makanan tradisional yang belum diketahui oleh masyarakat. Walaupun Palembang terkenal dengan pempek-nya kalian wajib tahu bahwa saat ini Palembang mempunya makanan yang legendaris dan tidak banyak masyarakat tahu, makanan apa saja itu?

 

  1. Burgo
https://www.tripzilla.id/makanan-khas-palembang/7736

Salah satu makanan khas Palembang yang sederhana yaitu burgo, yang dari bahan makanannya hanya menggunakan tepung sagu dan tepung beras yang diberi siraman kuah santan. Tetapi yang membuatnya menjadi makanan yang istimewa adalah topping seperti suwiran ayam, bawang dan telur rebus yang kerap berenang pada guyuran air santan berwarna kekuning-kuningan.

2. Lakso

https://www.itrip.id/minuman-makanan-khas-palembang

Makanan selanjutnya yang bahan makanannya sama seperti burgo yaitu lakso terbuat dari tepung sagu dan tepung beras, yang membedakan adalah bentuknya, lakso dibentuk menjadi mie yang berwarna putih dengan dibentuk menggulung dan menempel. Mie tersebut akan dimakan dengan kuah santan yang berwarna kuning kehijauan dan menggunakan kaldu ikan dengan tambahan ikan gabus yang kaya akan protein dan mudah didapat.

3. Laksan

https://www.itrip.id/minuman-makanan-khas-palembang

Laksan hampir sama nama nya dengan Lakso apa yang membuatnya berbeda? Laksan adalah makanan khas Palembang yang bahan bakunya sagu dan ikan. Tidak menggunakan tepung beras itu bedanya dari burgo dan lakso. Laksan dibuat dengan bentuk oval dengan rasa yang sama dengan pempek, tetapi disajikan dengan menggunakan kuah santan.

Bahan utama dari maksan ini adalah pempek lenjer. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan laksan ini antara lain ikan gabus, santan, kaldu, bumbu dan rempah.

Tinggalkan Komentar