‘Arc de Triomphe’ of Kediri, Jawa Timur

0
37
Foto : travel.detik.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Penasaran sama Arc de Triomph ala Paris tapi sudah menciut duluan membayangkan biayanya? Kenapa harus ke Paris jika Indonesia juga memiliki Arc de Triomph yang terkanl itu. Tepatnya di Kota Kediri, Jawa Timur, disini anda akan menemukan si cantik Arc de Triomph ala kota Kediri. Arc de Triomph ala kota Kediri ini bernama Monumen Simpang Lima Gumul. Penampakannya benar-benar mirip dengan Arc de Triomph yang ada di Paris. Coba anda mencari di Google, pastinya anda akan takjub dengan kemiripannya.

Monumen setinggi 28 meter ini berdiri tepat di tengah di tengah–tengah persimpangan Lima Gumul, Kediri, Jatim. Adanya monumen ini dijadikan sebagai titik pengembangan kawasan Simpang Lima Gumul. Oleh karena memiliki spirit kejayaan Kediri, monumen ini diletakkan di tengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Plosoklaten, dan Menang.

Desain dan arsitektur Monumen Simpang Lima Gumul hampir menyerupai Arc de Triomphe, namun masih dengan kekhasan kota Kediri. Ornamen yang berada di dinding Simpang Lima Gumul menonjolkan seni budaya Kabupaten Kediri. Di beberapa sisi monumen ini terpahat relief–relief tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang. Monumen ini memiliki luas 804 meter persegi dan tinggi 25 meter. Nah, luas dan tinggi yang disesuaikan dengan tanggal, bulan, dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 Maret 804 Masehi.

Saat malam hari bisa jadi waktu paling romantis yang Anda pilih untuk menikmati Monumen Simpang Lima Gumul. Cahaya lampu yang keemasan membuat monumen ini terlihat mewah. Di tambah kelap-kelip lampu jalanan Kota Kediri menambah semarak suasana. Pemandangan cantik seperti ini, sangat pas bila Anda nikmati bersama orang yang Anda cintai. Beragam panorama indah dan memesona di Kediri bisa wisatawan temukan dari atas monumen 8 lantai ini. Tidak heran bila Monumen Simpang Lima Gumul ini menjadi destinasi utama saat berkunjung ke Kediri. Terlebih saat liburan, pengunjung yang datang semakin padat.

Baca Juga:  Ketupat, Sejarah dan Filosofinya

Tidak cuma sekadar melihat keindahan panoramanya, lokasi ini juga diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat. Maka dari itu, destinasi Monumen Simpang Lima Gumul sudah dilengkapi dengan convention hall dan gedung serbaguna, Bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU, dan Water Park Gumul Paradise Island. Setelah puas berkeliling Monumen Simpang Lima Gumul dan melihat lanskap panorama Kediri dari atas monumen, anda bisa berburu suvenir dan kuliner khas Kediri di area Pasar Tugu. Pada hari sabtu dan Minggu pagi, kawasan ini ramai oleh pengunjung yang berolaraga, rekreasi bersama keluarga.

Tinggalkan Komentar