5 Alasan Kenapa Samsung Galaxy S21 FE 5G Wajib Kamu Miliki

0
44

Sejak awal tahun 2022, Samsung langsung tancap gas dengan mengeluarkan produk-produk perangkat elektronik barunya. Kali ini, yang ditunggu-tunggu akhirnya rilis, yaitu Samsung Galaxy S21 FE 5G, smartphone kekinian yang sudah mendukung jaringan 5G.

Jika Anda sedang mencari ponsel pintar keluaran Samsung dari lini S Series (yang terkenal sebagai unggulan) dengan harga yang cukup terjangkau, maka Galaxy S21 FE 5G adalah pilihan tepat. Bagi Anda yang belum tahu, yang dimaksud FE disini adalah Fan Edition dimana model dan fungsi smartphone hampir serupa.

Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa meski mirip, keduanya tetap memiliki perbedaan. Memang, perbedaan paling mencolok biasanya terletak di masalah harga. Penasaran apa saja sih yang membedakan seri FE dengan yang bukan FE?

Ingin tahu kenapa Samsung Galaxy S21 FE harus banget Anda miliki? Yuk, ikuti ulasan ini sampai selesai.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Selama dua tahun terakhir, Samsung memang memiliki tradisi yang bisa dibilang cukup unik. Setelah sukses merilis seri unggulan Galaxy S, tak lama kemudian pihaknya akan menghadirkan varian Galaxy S FE. Kali ini, yang mendapat giliran memiliki Fan Edition adalah Galaxy S21.

Di Indonesia, Samsung  Galaxy S21 dijual dalam rentang harga 12,5 juta hingga 17 jutaan untuk varian Ultra 5G. Sedangkan harga Samsung S21 FE 5G dibanderol sekitar 8-9 jutaan. Dengan selisih harga hampir 3,5 juta Galaxy FE 21 5G tentu tetap memiliki keunggulan yang layak diapresiasi.

Desain
Mari kita lihat dari segi desain terlebih dahulu. Desain Samsung Galaxy S21 FE 5G masih mengikuti saudara kembarnya, yakni desain contour cut frame. Perbedaan mencolok justru ada pada bodi belakang smartphone.

Harga ponsel pintar ini menjadi lebih murah karena material yang digunakan adalah polikarbonat bertekstur matte. Meski lain dengan sang kakak yang memakai bahan kaca, material tersebut tetap memberikan grip cukup baik karena masih menyimpan bekas sidik jari.

Baca Juga:  3 Smartphone Oppo Terbaik Dengan Harga Mulai 4 Jutaan

Samsung juga merancang bodi Galaxy S21 FE untuk menembus sertifikasi IP68. Rancangan ini memungkinkan smartphone akan aman ketika terkena air atau debu, atau bahkan jatuh ke dalam kubangan air.

Selain itu, Gorilla Glass Victus yang selama ini terkenal tangguh dan tahan goresan, dipilih menjadi layar pelindung yang cocok. Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, Eye Comfort Shield, dan AI Based Blue Light Control.

Kabar gembira untuk pecinta game, touch sampling rate 240 Hz yang dimiliki Fan Edition S21 ini cocok untuk tingkat responsif yang tinggi. Main game menjadi lebih memuaskan.

Dimensi
HP ini memiliki bobot hanya 177 gram saja, tentunya ponsel ini cukup ringkas untuk digenggam. Semua terasa pas, karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat.  Dimensinya sendiri sebagai berikut:

  • Tinggi: 155.7 mm
  • Lebar: 74.5 mm
  • Tebal: 7.9 mm

Kamera
Di atas kertas, spesifikasi kamera dibuat sama persis dengan sang kakak, sensor utama 12MP f/1.8 dengan Dual Pixel PDAF & OIS, 8MP f/2.4 3x optical zoom (hasil akhir menjadi 12MP) dengan OIS, dan 12MP f/2.2 ultrawide, tolong dicatat bahwa ini masih belum dengan autofokus.

Resolusi kamera depan HP satu ini adalah  32MP f/2.2, tanpa autofokus dan sanggup menyimpan foto dalam resolusi 10MP (di rasio 4:3). Oh iya, kamera depannya juga dilengkapi efek bokeh yang cukup mumpuni.

Bagi Anda yang suka jalan-jalan dan memotret di malam hari, Galaxy S21 FE dilengkapi dengan fitur night mode. Selain itu, lensa telefoto ponsel pintar ini dibekali dengan OIS sehingga gambar yang dihasilkan lebih stabil. Tidak lupa, fitur zoom lock juga disematkan di sini.

Baca Juga:  3 Smartphone Oppo Terbaik Dengan Harga Mulai 4 Jutaan

Fitur zoom zock memiliki fungsi untuk mengunci bidang frame ke area yang sedang di-zoom dengan bantuan kecerdasan buatan. Fitur ini muncul ketika kamera mengambil gambar dengan zoom 20x atau 30x. Efeknya, gambar pun menjadi tidak terlalu bergoyang-goyang ataupun berbayang.

Chipset
System on Chip (SoC) yang digunakan ponsel flagship keluaran Samsung ini adalah chipset Exynos 2100 (5 nm) yang diklaim setara dengan Snapdragon 888. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB.

Sedikit catatan yang perlu Anda perhatikan, di sini tidak ada pilihan RAM 6GB, hanya 8GB saja (+4GB virtual RAM) dengan penyimpanan 128/256GB. Kemudian, tidak ada slot tambahan untuk microSD, jadi pastikan bahwa pilihannya sudah tepat.

Meski otak dari ponsel cerdas ini bukan keluaran terbaru, Anda tidak perlu meragukan performanya. Chipset ini masih sangat baik untuk digunakan memproses pekerjaan berat seperti gaming dan video editing.

Pemakaian multitasking pun tidak mengalami kendala. Anda bisa membuka beberapa media media sosial atau tab internet sekaligus dan  Samsung Galaxy S21 FE tetap menjalankan tugas dengan cepat dan lancar.

Baterai
Sebagai informasi, sebagaimana beberapa smartphone kelas atas atau flagship, Samsung yang hadir di tahun 2021 lalu. Tidak ada charger yang disertakan Samsung di paket penjualan Galaxy S21 FE 5G ini. Pengguna mau tidak mau harus membeli kepala charger tambahan beserta screen protector serta case agar lebih nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Samsung Galaxy S21 FE berkapasitas 4.500 mAh. Sedikit lebih besar ketimbang Galaxy S21 reguler. Daya tahan baterainya bisa dibilang cukup bagus. Setidaknya untuk pemakaian yang intensif, ponsel ini tidak cepat panas dan dapat bertahan dari pagi hingga sore hari.

Baca Juga:  3 Smartphone Oppo Terbaik Dengan Harga Mulai 4 Jutaan

Kesimpulan
Catatan akhir yang bisa diambil adalah, ponsel ini cocok untuk Anda yang menginginkan ponsel flagship dengan harga terjangkau dan Anda bisa mendapatkannya di marketplace seperti Blibli.

Tinggalkan Komentar