6 Fakta Tentang Varsity Jacket, Fesyen Kekinian untuk Anak Muda

0
12
Gambar : blibli.com

Varsity jacket adalah salah satu outerwear yang sedang tren digunakan oleh kalangan milenial. Ciri khas jaket ini adalah menggunakan kancing, bukan resleting pada bagian depan. Pada umumnya, jaket terdiri atas dua warna yang berbeda antara badan dan lengan. Selain itu, pada bagian dada kiri jaket biasanya terdapat bordiran huruf.

Meskipun demikian, varsity jacket masa kini dirancang dengan model yang lebih fleksibel dan bervariasi. Penggunanya pun lebih beragam. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang jaket bergaya sporty ini, simak ulasan berikut ini.

Disebut Juga Letterman Jacket

Karena memiliki bordiran huruf atau “letter” di bagian dada, varsity jacket disebut juga letterman jacket. Konon, yang pertama kali mempopulerkan varsity jacket adalah tim baseball dari Universitas Harvard. Tak heran jika nama lain jaket ini adalah baseball jacket. Bordiran huruf tersebut menunjukkan identitas sekolah pemilik jaket.

Awalnya, jaket dengan bordiran huruf “H” hanya dikenakan oleh orang-orang terpilih, yaitu kapten tim. Seiring waktu, jaket ini mulai banyak digunakan oleh para mahasiswa di Harvard, bahkan mahasiswa di berbagai kampus lain di Amerika. Sekarang, varsity jacket telah menjadi bagian dari mode fesyen dan digunakan untuk mendukung penampilan oleh berbagai kalangan.

Memiliki Model yang Khas

Varsity jacket memiliki model yang unik sehingga bisa dikenali dengan mudah. Salah satu ciri yang paling kentara adalah terdiri atas dua warna yang berbeda. Ciri lainnya adalah memiliki motif yang sama di bagian kerah, manset, dan pinggang. Model kerahnya juga unik karena berbentuk V dan menggunakan kain rib.

Ciri lainnya adalah dilengkapi kancing sebagai penutup jaket di bagian depan. Namun, ada pula yang telah menggunakan resleting dari bawah hingga ujung atas jaket. Kantong jaket terdapat pada sisi kanan dan kiri sejajar perut dengan posisi miring dan tanpa penutup.

Baca Juga:  Berikut 10 Pujian Wajib Bagi Anak

Bisa Dipadukan dengan Style Lain

Saat ini, varsity jacket biasa dipakai dalam berbagai kesempatan, khususnya situasi nonformal. Tidak hanya dikenakan oleh pria, tetapi juga cocok untuk wanita. Jaket ini bisa dipadukan dengan gaya berpakaian lain sehingga membuat penampilan semakin memesona.

Untuk menciptakan kesan kasual, Anda bisa memadukan varsity jacket dengan kemeja dan celana jin. Pilihlah warna kemeja yang senada untuk memberi kesan elegan dan modern. Varsity jacket juga sangat serasi dengan outfit olahraga, seperti celana atau kaos olahraga.

Ingin lebih simpel, gunakan saja kaos polos dengan warna netral. Anda juga bisa mengkombinasikan jaket tersebut dengan kaos bergambar atraktif sehingga menyatukan kesan modern dan vintage. Untuk wanita, jadikan varsity jacket sebagai outerwear yang membalut tank top berwarna ceria. Dijamin, Anda akan terlihat keren sekaligus menarik.

Model Varsity Jacket Masa Kini

Tahukah Anda, varsity jacket ternyata telah mulai digunakan sejak 1865-an. Meskipun bukan model baru, jaket “jadul” ini menjadi tren terbaru, termasuk di kalangan anak muda Indonesia. Ada yang menggunakan varsity jacket yang sama seperti model originalnya, ada pula model yang telah dimodifikasi.

Salah satu model yang banyak digunakan adalah jaket dengan warna senada, mulai dari lengan hingga badan. Ada pula varsity jacket yang bagian kerahnya dimodifikasi menjadi bentuk hoodie. Sementara itu, bagian lainnya tetap memiliki ciri khas jaket baseball tersebut.

Model lainnya adalah varsity jacket dengan model raglan, yaitu warna kain di bagian lengan bersambung hingga ke leher. Bentuk jaket ini membuat tubuh penggunanya terlihat lebih tegap saat digunakan.

Material Jaket yang Bervariasi

Bahan yang paling umum digunakan untuk membuat varsity jacket adalah kain fleece. Karakteristik kain fleece adalah tebal, terasa lembut, dan ada tekstur seperti bulu di bagian dalam. Meskipun demikian, pakaian yang terbuat dari kain fleece tidak gerah saat digunakan dan dapat menyerap keringat.

Baca Juga:  Syarat Menjadi Pemimpin Muda

Jenis kain lain yang biasa digunakan sebagai bahan jaket sport, termasuk varsity jacket, adalah kain Diadora. Secara umum kain ini mirip dengan kain fleece yang menyerap keringat. Perbedaannya pada tampilan bagian luar kain yang terlihat mengkilap. Hal ini dimungkinkan karena kerapatan kain bagian luar sangat tinggi. Sementara itu, bagian dalam kain diadora lembut dan menimbulkan rasa hangat.

Varsity jacket juga bisa dibuat dari kain taslan. Keunikan kain taslan adalah tidak mudah menyerap air pada bagian luar sehingga tidak mudah basah. Bahan taslan mudah kering dan tidak cepat kusut. Anda juga bisa mencoba material berbahan kulit sintetis untuk membuat varsity jacket. Jaket kulit ini akan terlihat elegan dan mewah.

Varsity Jacket dari Merek Terkenal

Bukan hanya mahasiswa atau anak muda saja yang mengenakan varsity jacket sebagai penunjang penampilan. Tak sedikit publik figur yang pernah menggunakan jaket ini dalam kegiatan mereka ketika tampil di layar kaca atau berpose di media sosial.

Untuk menyasar kalangan atas, ada beberapa merek terkenal yang mengeluarkan produk berupa varsity jacket, antara lain Celine, Gucci, dan Louis Vuitton. Nah, bagi Anda yang mencari varsity jacket dengan harga yang lebih terjangkau, cari saja di Blibli. Ada banyak pilihan jaket yang ditawarkan dengan kualitas dan model yang tak kalah memukau.

Tinggalkan Komentar