Profil dan Biografi Lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo

0
31
Kevin Sanjaya Sukamuljo
Foto: idntimes.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Nama Kevin Sanjaya makin melejit saat dia berhasil memenangkan pertandingan bulu tangkis ganda putra di Asian Games yang diselenggarakan pada bulan Agustus tahun 2018. Jika Anda penasaran dengan salah satu atlet bulu tangkis yang berbakat ini, berikut ulasan mengenai profil dan biografi lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Sekilas Mengenai Kevin Sanjaya

Kevin lahir di Banyuwangi, tanggal 2 Agustus 1995. Dia lahir dari pasangan Sugiarto Sukamuljo dan Winarti Niawati. Dia adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Kakaknya bernama Nico Prasetya Sukamuljo, terpaut tiga tahun dengan Kevin.

Bakatnya dalam bulu tangkis memang sudah terlihat semenjak dia masih balita. Melihat potensi anaknya, orang tua Kevin mendaftarkannya ke sebuah klub bulu tangkis. Saat Kevin memutuskan untuk menekuni bidang olahraga bulu tangkis, orang tuanya mendukung penuh keputusannya.

Kevin berlatih di PB Putra 46 Jember bersama sang kakak selama empat kali dalam seminggu, jam satu siang hingga 4 sore. Setelah dirasa teknik yang dikuasai sudah baik, ayah Kevin memindahkan kedua ankanya untuk belajar pada pelatih lokal di Banyuwangi.

Perjalanan Karier

Kevin Sanjaya Sukamuljo
Foto: sports.okezone.com

Di tahun 2003, saat Kevin Sanjaya Sukamuljo masih duduk di kelas satu SD, dia sudah mulai mengikuti perlombaan bulu tangkis. Di tahun yang sama, Kevin berhasil mendapatkan juara satu saat mengikuti lomba tingkat kecamatan.

Lalu, Kevin mengikuti perlombaan bulu tangkis tingkat kabupaten saat dia duduk di kelas 3 SD. Di lomba tersebut, dia berkompetisi dalam dua kelompok umur, yakni 11 tahun dan 13 tahun. Hebatnya, dia berhasil menjuarai kedua kompetisi tersebut.

Tahun 2006, Kevin melihat iklan audisi beasiswa PB Djarum dan dia tertarik untuk bergabung. Namun, dia gagal dalam audisi itu. Meski begitu, dia tidak menyerah dan terus giat berlatih. Setahun kemudian, dia kembali mengikuti audisi tersebut dan berhasil.

Baca Juga:  Evan Dimas, Kapten Penuh Talenta Yang Rendah Hati

Berbeda dengan kakaknya yang lebih memilih fokus dengan pendidikannya, Kevin Sanjaya dengan mantap lebih memilih bulu tangkis sebagai passion dan tujuan hidupnya. Dia juga mengaku jika dia kurang suka mengikuti pelajaran. Kedua orang tuanya pun juga mendukung keputusan anak bungsu mereka untuk mewujudkan mimpi Kevin Sanjaya sebagai atlet bulu tangkis.

Lebih Menonjol Saat Bermain Ganda

Meskipun mempunyai teknik yang hebat, sayangnya karier Kevin di sektor tunggal terbilang kurang cemerlang. Di tahun 2010, tim pelatih mengarahkan Kevin ke sektor ganda. Awalnya, laki-laki asal Banyuwangi itu menolak. Bahkan, ibunda Kevin juga ikut protes ke pelatihnya. Tim pelatih pun lalu memberikan solusi: jika dia tidak dapat menjadi juara saat bermain ganda, dia dapat kembali menjadi pemain tunggal.

Mengejutkannya, di sektor ganda, karier Kevin justru menanjak. Dia memenangkan banyak kompetisi. Bahkan, dia juga telah mencoba peruntungan baik di bidang ganda putra maupun campuran. Sektor ganda ini juga yang mengantarkan Kevin untuk menjadi atlet bulu tangkis dan masuk ke Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, tepatnya pada tahun 2013.
Kevin pernah berpasangan dengan berbagai atlet lain seperti Lukhi Apri Nugroho, Masita Mahmudin, Selvanus Geh, Greysia Polii, dan Marcus Gideon.

Prestasi yang Pernah diraih Kevin Sanjaya Sukamuljo

Saat berpasangan dengan Lukhi Apri Nugroho, mereka berdua pernah menjuarai berbagai kejuaraa seperti Bankaltim Indonesia Open GP Gold 2011, BWF World Junior Championship 2011, dan Singapore International Series 2011. Di kompetisi Singapore International Series, pasangan Kevin dan Lukhi berhasil menyabet runner up.

Kevin Sanjaya Sukamuljo
Foto: mldspot.com

Ketika bergabung di sektor ganda campuran bersama Masita Mahmudin, Kevin mengikuti berbagai kompetisi seperti Suhadinata Cup 2013, Tangkas Specs Junior International Challenge 2013, dan 100 Plus Badminton Asia Youth U19 Indivudual Championship 2013. Mereka berdua juga pernah mengikuti kompetisi BWF World Juniro Championship 2013. Sayangnya, di BWF World Juniro Championship 2013 mereka hanya berhasil menyabet gelar runner up.

Baca Juga:  Sandiaga Uno, Pengusaha Muda Sukses di Indonesia

Kevin juga pernah menjuarai kompetisi New Zealand Open saat berpasangan dengan Selvanus Geh. Selain itu, mereka berdua juga pernah menyabet gelar juara pada turnamen Vietnam International 2014. Mereka juga pernah menjuarai Bulgarian International 2014.
Saat berpasangan dengan Greysia Polii, Kevin pernah mengalahkan pasangan dari Tiongkok di babak pertama pada ajang Indonesia Open 2014. Namun, di babak 16 besar mereka kalah oleh pasangan ganda campuran asal Korea Selatan, Lee Yong Dae dan Shin Seung Chan. Selain itu, mereka berdua juga pernah bertanding di kompetisi Yonex Open Chinese Taipei 2014.

Sejak dipasangkan dengan Marcus Gideon, karier Kevin Sanjaya di sektor ganda putra kian melejit. Di tahun 2015, pasangan ganda putra yang dijuluki duo minions ini berhasil menyabet juara pada turnamen Taiwan Masters.

Di tahun 2016, pasangan ganda putra tersebut memenangkan beberapa turnamen seperti Malaysia Masters, India Open, Australia Open, dan China Open. Karier duo minions ini makin menanjak saat mereka menjadi juara All England di tahun 2017.

Di tahun 2018, mereka berdua kembali menjuarai ajang All England. Tidak hanya itu, pasangan ganda putra ini juga menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada Asian Games yang diselenggarakan pada 18 Agustus sampai 2 September tahun 2018.

Tinggalkan Komentar