7 Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan Tubuh

0
286
Foto: barokah16.blogspot.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Manfaat Wedang uwuh, minuman unggulan di Kota Jogja, sama uniknya dengan kuliner khas seperti gudeg dan bakpia. Minuman ini sangat diminati oleh masyarakat sekitar sampai para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wedang uwuh berasal dari bahasa Jawa. Wedang bermakna minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Secara harfiah, wedang uwuh berarti minuman sampah. Terdengar aneh, bukan? Walau begitu, bukan berarti wedang ini dibuat dari bahan dasar sampah. Minuman ini merupakan campuran dari berbagai bahan yang diseduh, sehingga menyerupai sampah di dalam air.

Walau demikian, wedang uwuh mempunyai rasa yang begitu nikmat. Lebih nikmat lagi, saat kita menikmatinya di musim hujan turun karena minuman ini memiliki rasa manis dan pedas yang menghangatkan. Aromanya pun juga tak kalah sedap.

Wedang uwuh ini dibuat dari berbagai bahan yang dicampurkan mulai dari jahe, cengkeh, kayu manis, kayu secanfg, akar sereh, pala, dan kapulaga. Berbagai rempah-rempah khas Indonesia tersebut tidak hanya memberikan cita rasa yang enak, namun juga berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat wedang uwuh bagi kesehatan kita? Berikut ulasannya untuk Anda.

7 Manfaat Wedang Uwuh

1. Menghilangkan Rasa Lelah

Foto: bukalapak.com

Manfaat wedang uwuh yang bisa kita peroleh adalah dapat menghilangkan lelah. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalam wedang uwuh dapat menjadi solusi untuk menghilangkan rasa lelah yang melanda tubuh dan mengembalikan energi yang terbuang saat Anda melakukan aktivitas seharian.

Tidak hanya itu, kandungan jahe pada wedang uwuh ini juga bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh. Jadi, tubuh akan lebih rileks dan bisa melanjutkan berbagai aktivitas lain dengan kondisi yang lebih fit.

Baca Juga:  Cegah Gigitan Nyamuk dengan Tips Simple Ini

2. Meredakan Rasa Nyeri

Foto: virmansyah.info

Selain dapat menghilangkan rasa lelah, wedang uwuh juga bisa meredakan rasa nyeri. Hal tersebut dikarenakan buah pala memiliki kandungan saponin, flavonoid, dan polifenol yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh. Bahkan, bagi wanita yang menderita nyeri haid, dapat juga mengonsumsi wedang ini untuk mengatasi rasa nyeri tersebut.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Foto: tiktogram.com

Aliran darah yang tersumbat akan membuat organ tubuh lainnya kekurangan oksigen dan juga kekurangan sari makanan. Sehingga, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan.
Nah, untuk melancarkan sistem peredaran darah, Anda bisa memilih wedang uwuh sebagai solusinya. Karena wedang uwuh ini sudah dikenal manfaatnya untuk memperlancar sistem peredaran darah.

4. Mencegah dan Meredakan Gejala Masuk Angin

Foto: alamasedy.com

Jika Anda merupakan salah satu orang yang bekerja di sebuah ruangan dengan suhu yang lumayan dingin, atau baru saja melakukan sebuah perjalanan sehingga membuat Anda masuk angin, maka Anda patut mencoba wedang uwuh ini.
Hal tersebut dikarenakan salah satu manfaat wedang uwuh adalah untuk mencegah dan mengobati masuk angin. Tidak hanya itu, kayu manis yang terdapat pada wedang uwuh juga bisa meredakan gejala yang biasa mengganggu perut.
Jahe yang menjadi salah satu rempah yang terkandung dalam wedang uwuh juga berkhasiat untuk memberikan rasa hangat, terutama perut. Sehingga, minuman khas yang satu ini bisa menyembujkan masuk angin dan perut kembung.

5. Mengobati Batuk

manfaat wedang uwuh
Foto: honestdocs.id

Saat musim penghujan tiba, kita cenderung rentan terserang berbagai macam penyakit seperti flu dan batuk. Penyakit tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa timbul karena faktor cuaca, Anda bisa mengonsumsi wedang uwuh.
Wedang uwuh dapat mencegah dan mengobati flu dan batuk. Kandungan jahe yang hangat bisa melegakan tenggorokan dan juga meredakan batuk yang membandel. Selain itu, mengonsumsi wedang uwuh secara teratur juga bisa menghindarkan Anda dari flu dan batuk.

Baca Juga:  Telur Bebek atau Telur Ayam?

6. Meredakan Peradangan

manfaat wedang uwuh
Foto: klikdokter.com

Manfaat wedang uwuh lain yang bisa Anda dapatkan adalah wedang uwuh bisa meredakan peradangan. Kandungan analgesik dalam bahan-bahan dasar pembuat wedang uwuh bisa mengobati radang dan meredakan nyeri terutama pada tenggorokan.

7. Menurunkan Kolesterol

manfaat wedang uwuh
Foto: travelingyuk.com

Kolesterol yang terlampau tinggi tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, Anda bisa mencegah naiknya kolesterol atau menurunkannya dengan mengonsumsi wedang uwuh. Bahan dasar rempah alami yang terkandung dalam wedang uwuh dipercaya bisa menurunkan kolesterol secara alami. Kandungan jahe dapat menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah.
Nah, itu dia 7 manfaat wedang uwuh yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Yuk, coba wedang uwuh sekarang juga!

Tinggalkan Komentar