5 Tugu Paling Iconic di Indonesia

0
254

Tugu yang dibangun pada suatau daerah selalu memiliki makna tersendiri dibalik dibangunnya tugu tersebut. Entah itu sebuah kekhasan dari suatu daerah atau untuk mengenang sebuah peristiwa. Hampir di semua daerah di Indonesia memiliki tugu atau monumen yang menjadi salah satu ciri khas dari daerah tersebut. Hal ini sering dijadikan kesempatan oleh para wisatawan untuk berpose di tugu/monumen daerah tersebut sebagai tanda bahwa ia sudah pernah menjajaki daerah tersebut. Dari sekian banyak tugu yang ada di Indonesia, ada beberapa tugu yang sangat iconic, berikut ulasannya:

1.      Tugu Jogja, Yogyakarta

tugu-jogja

Bicara tentang Jogja tak bisa lepas dari 2 hal, yaitu Malioboro dan tentunya Tugu Yogyakarta. Tugu ini adalah monumen yang dipakai sebagai simbol Kota Yogyakarta. Berada di perempatan Jl Jenderal Sudirman dan Jl Pangeran Mangkubumi, Tugu Yogyakarta menjadi tempat yang sering dijadikan lokasi foto turis yang liburan di sana. Biasanya, waktu paling ramai dikunjungi wisatawan adalah ketika sore menjelang malam. Tentu saja para turis ini selalu siap dengan berbagai pose untuk diabadikan dalam kamera.

 2.      Tugu Nol Kilometer Aceh

tugu-km-01-sabang21

Tugu Nol Kilometer diresmikan pada tahun 1997 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia  saat itu, Bapak Try Sutrisno. Dari bagian depan tugu ini, para turis bisa melihat pemandangan menakjubkan dari Selat Malaka dan tebing di pinggiran Pulau Weh.

Selain menjadi landmark Aceh, Tugu Nol Kilometer juga jadi patokan pengukuran garis nol kilometer di Indonesia. Tak hanya itu, begitu tiba di Tugu Nol Kilometer, turis akan mendapatkan sertifikat khusus.

3.      Tugu Khatulistiwa, Pontianak

tugukatulistiwa_pontianak_262

Monumen Tugu Khatulistiwa diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat saat itu yakni Parjoko Suryokusumo pada 21 September 1991. Setiap tahun, ada fenomena alam yang menarikterjadi di tugu ini. Fenomena tersebut adalah Titik Kulminasi. Saat itu, matahari berada tepat di garis Khatulistiwa. Ketika berdiri tepat di garis Khatulistiwa, tidak akan ada bayangan yang terlihat. Selain bayangan bisa menghilang, pengunjung juga bisa melihat fenomena telur yang bisa berdiri di area Tugu Khatulistiwa.

Baca Juga:  Memandangi Cantiknya Sunset Dari Candi Ratu Boko

4.      Tugu Pahlawan, Surabaya

DSC_0201

Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen setinggi 41,15 meter berbentuk paku terbalik yang berada tepat di Taman Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan sengaja dibuat untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945. Bangunan yang mirip dengan paku terbalik ini mempunyai 10 lengkungan pada badannya yang melambangkan tanggal 10. Sedang 11 bagian di atasnya mengandung pengertian bulan ke 11 (November).

5.      Tugu Monas, DKI

monas

Dari semua tugu di Indonesia, tugu Monumen Nasional ini merupakan yang paling jangkung karena menjulang 132 meter. Tugu yang berada di taman Monumen Nasional ini sekaligus menjadi landmark ibukota negara.

Di bagian bawah tugu terdapat museum yang memuat berbagai peristiwa sejarah di Indonesia. Selain itu wisatawan bisa naik ke puncak Monas untuk melihat pemandangan.. Berfoto di depan monas adalah hal yang wajib dilakukan wisatawan. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) 

(foto: agungky.wordpress.com; 1001.malam; zonadamai.com; wikipedia.com)

Tinggalkan Komentar