Umbul Ponggok, Snorkeling Air Tawar Ala Klaten

0
57

Setiap kali Anda mendengar kata ‘Bunaken’ pasti yang ada dibayangan anda adalah dunia bawah air yang sangat indah, dengan jajaran koral warna-warni yang cantik, ikan-ikan berenang kesana kemari, dan tentu saja air laut yang berwarna biru jernih. Sebuah keindahan yang tak cukup untuk dilukiskan dengan kata-kata ketika Anda melihatnya langsung. Tapi memang, untuk menikmati itu semua butuh biaya yang tidak sedikit. Belum lagi biaya transportasi jika Anda berada jauh dari Bunaken. Tapi tenang dulu, bagi Anda yang sudah ingin sekali merasakan diving, anda bisa mengunjungi Umbul Ponggok, Klaten.

Umbul Ponggok, berasal dari kata Umbul yang berarti mata air, dan Ponggok tempat mata air itu berada. Meski tak seindah Bunaken, tapi tidak berarti Umbul Ponggok ini tak layak untuk diunjungi. Umbul Ponggok sering sebagai lokasi untuk berlatih senorkeling dan diving. Dibalik jernihnya air, Anda bisa melihat ikan-ikan air tawar yang berenang kesana kemari dengan indahnya. Apalagi jika momen-momen saat menyelam diabadikan dalam jepretan foto, hasilnya serasa menyelam dalam lautan.

Umbul Ponggok adalah kolam pemandian terbesar di Klaten dengan luas sekitar 6000 m2 dengan kedalaman sekitar 0,5 – 4 meter. Keberadaan Umbul Ponggok sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Pada jaman dahulu Umbul Ponggok digunakan untuk pengairan perkebunan tebu, dan pada saat ini fungsi Umbul Ponggok berubah menjadi objek pemandian umum.

Banyak kelebihan yang bisa Anda temukan disini, mulai dari jenihnya air yang berwarna biru karena airnya langsung berasal dari mata air yang tepat berada di bawah Umbul. Yang kedua adalah keberadaan pasir, batu, kerikil, dan lumut yang membuatnya terlihat seperti berada di dalam laut, sedangkan kelebihan yang ketiga, Anda bisa menemukan banyak ikan air tawar yang berwarna-warni mulai dari sebesar jari kelingking hingga paha orang dewasa. Ikan-ikan ini tidak berbahaya karena mereka sudah terbiasa dengan keberadaan manusia. Dari semua kelebihan yang ada, tak salah bukan kalau Umbul Ponggok disebut sebagai Bunaken air tawar. Umbul Ponggok juga sering digunakan sebagai tempat latihan menyelam yang diadakan oleh kegiatan mahasiswa atau organisasi penyelaman.

Baca Juga:  Bersantai di Pemandian Air Panas Cangar, Batu, Malang - Jawa Timur

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Selepas kota Klaten, dari Jl. Solo pas pertigaan lampu-merah terminal Penggung itu belok ke utara, arah ke Polanharjo. Atau anda juga bisa mengikuti petunjuk menuju Umbul Cokro. Untuk tiket masuknya sangat tejangkau, anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 3000 pada hari biasa dan Rp. 4000 pada hari biasa. Untuk parkir Rp. 2000 dan jika anda ingin menyewa ban cukup membayar Rp. 3000 saja. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

umbul5 umbul3 umbul4

Tinggalkan Komentar