Gunung Berapi Tertinggi Di Indonesia, Kerinci

0
77

Gunung berapi yang terletak di pegunungan bukit Barisan, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini dikenal dengan nama Gunung Kerinci. Dengan memiliki ketinggian sekitar 3.805 m dpl, Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi di Sumatra, sekaligus tertinggi ke dua setelah Puncak Jaya Wijaya. Dengan ketinggia yang dimiliki oleh Gunung Kerinci, para wisatawan dapat melihat indahnya kota Jambi, Padang dan Bengkulu, bahkan Samudra Hindia.
Gunung Kerinci memanjang dari utara ke selatan dengan lebar 13 km dan panjang 23 km, dengan kawah seluas 600 m yang berada di sisi timur laut puncak gunung dengan air berwarna hijau yang menawan.
Keindahan flora yang beragam dapat ditemukan sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Kerinci. Untuk mencapai puncak Gunung Kerinci, membutuhkan pendakian sekitar dua hari dari pos pertama pendakian.
Gunung Kerinci itu sendiri dikelilingi oleh hutan yang subur dari Taman Nasional Kerinci Seblat, yang menjadi rumah bagi hewan langka seperti Harimau Sumatra dan Badak Sumatra. Taman Nasional Kerinci Seblat itu sendiri merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan di Pulau Sumatra.
Untuk  mendaki Gunung Kerinci, para pendaki harus dipandu oleh guide, karena beberapa kasus tersesat terjadi ketika mendaki gunung ini tanpa pemandu.
Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Kerinci itu sendiri, terdapat berbagai macam tempat wisata, antara lain  Danau Kerinci, Danau Belibis, Danau Gunung Tujuh, Goa Kasah, Tanjung Pelita, Sumber air panas semurup, Air Terjun tujuh tingkat dan lainnya. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)

Baca Juga:  Mengejar Matahari di Puncak Bukit Sikunir

Tinggalkan Komentar