Air Terjun Madakaripura, Keindahan Alam dari Probolinggo

0
75
Foto : tabloidwisata.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur merupakan wilayah destinasi wisata yang beragam. Anda tak hanya akan ditawari indahnya panorama puncak Gunung Bromo yang populer hingga ke mancanegara, tapi cobalah sempatkan diri anda untuk singgah ke salah satu objek wisata yang tak jauh dari kawasan Bromo, yakni Air Terjun Mandakipura, yang pesonanya tak kalah menggoda mata anda.

Bertempat di desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kab, Probolinggo daya tarik Air Terjun ini tidak lepas dari cerita jaman kerajaan Mataram kuno. Kabarnya Patih Gajahmada pernah bertapa dan menghabiskan sisa hidupnya di kawasan air terjun ini, maka tidak heran ketika akan memasuki area objek wisata ini anda akan melewati patung yang berukir pahatan Patih Gajahmada duduk bersila.

Foto : wagirmedia.com

Apabila anda memilih perjalan pagi, mata anda akan disuguhi pemandangan serba hijau dari mulai bukit hingga jajaran petak-petak sawah, sesekali pemandangan terlihat dramatis dengan sapuan kabut putih yang menutupi perbukitan. Sesampainya di lokasi anda akan disuguhkan pemandangan air terjun yang diapit tebing yang jaraknya terbilang cukup dekat, dari bawah terlihat seperti bulatan dengan nuansa hijau di sekelilingnya, keunikan air terjun ini, curahan airnya terlihat tidak langsung jatuh dari ketinggian seperti air terjun pada umumnya, namun airnya akan terlihat pecah dan menyebar sehingga air yang jatuh tampak seperti tetesan embun atau rintik air hujan. Jika anda kesana tidak di musim hujan, anda akan disguhkan dengan warna air yang hijau atau terkadang tampak biru, kalau musim hujan biasanya air tampak keruh.

Foto : peradapandunia.com

Di Air Terjun Madakaripura ini tersedia lahan parkir yang cukup memadai, jika ini kali pertama anda berkunjung kesana, anda dan keluarga dapat menyewa seorang pemandu wisata untuk mencapai lokasi sembari mendapatkan informasi lebih banyak soal objek wisata ini. Jangan lupa sediakan perbekalan yang cukup karena air terjun sendiri berada kurang lebih 1000m dari titik basecamp. Kenakan pakaian serta alas kaki senyaman mungkin, karena tidak jarang anda akan menemui jalan berbatu yang cukup licin. Sesampainya di titik lokasi, puaskan diri anda dengan menatap keindahan ciptaan yang kuasa ini sembari mengabadikannya dengan kamera anda, bermain-main air pun akan menjadi aktivitas yang menarik tentunya, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak mengotori area wisata, tidak merusak, dan tetap tertib.

Tinggalkan Komentar