Sensasi Salju di Puncak Jaya, Pegunungan Jayawijaya Papua

0
850

Pegunungan Jayawijaya merupakan satu-satunya pegunungan di Indonesia yang bagian puncaknya terdapat salju yang juga disebut salju abadi, meski tidak seluruh puncak dari gugusan pegunungan ini memiliki salju, bahkan sayangnya salju lain yang terdapat di beberapa puncak malah sudah hilang akibat perubahan cuaca yang ekstrim, Puncak Jaya adalah salah satu yang masih memiliki salju di bagian atasnya. Puncak ini dinamai juga Poentjak Soekarno atau Cartenzs Puramid dan termasuk dari 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia. Bukan hanya sekedear memiliki pucak yang tinggi, daya tariknya seperti yang sudah disebutkan diatas yakni menjadi salah satu dari tiga gletser di kawasan tropis yang tersisa (Selain Andes – Peru, Tanzania, dan Kilimanjaro).

Lokasinya yang jauh bukan berarti tidak mungkin dicapai, anda bisa memulai petualangan anda dengan menempuh perjalanan dari daerah Ilaga atau Sugapa di Kabupaten Puncak Jaya, lama perjalanan diperkirakan hingga hampir satu minggu untuk sampai bagian puncaknya. Untuk bisa sampai Ilaga ? Sugapa harus dari Nabire, dari situ anda harus naik pesawat perintis sekitar 45 menit dan tarif yang lumayan, mulai dari Rp. 950.000-an, banyak pendaki yang menyewa porter, namun itupun bila anda punya dana yang cukup banyak karena harganya tergolong tinggi.

IJ.1CarstenszSIce.20x

Sebelum memulai petualangan ini baiknya anda menyiapkan fisik sebelum memulai perjalanan supaya kondisi anda prima, apalagi untuk daerah puncak pegunungan suhunya bisa mencapai hingga 0 derajat celcius., selain itu anda wajib mengantungi surat ijin dari pemerintah terkait yang berwenang, hal ini semata-mata dilakukan pun demi kebaikan kita sebagai pendaki atau pengunjung karena medan yang akan anda tempuh tidak hanya lama, sulit tetapi juga berbahaya. Memang tidak murah dan tidak mudah untuk mencapai Puncak Jaya ini, namun hal tersebut akan sebanding dengan sensasi kepuasaan tersendiri yang tak terlukiskan kata-kata bila anda berhasil memijakkan kaki disana, keindahan pemandangan yang serba hijau tentu akan mempesona anda, untuk sementara ini melihat dari medan yang sulit plus waktu serta jarak tempuh yang membutuhkan waktu khusus mungkin memang lebih baik lagi bila pendakian dilakukan oleh pendaki profesional, kalaupun bagi anda yang tidak biasa dengan kegiatan ini, bisa didampingi oleh mereka yang memiliki kemampuan mendaki serta pengalaman khusus dalam hal ini. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: hapin.nl; javabackpacker.blogspot.com) 

Tinggalkan Komentar