Objek Wisata Gunung Kelud, Keindahan yang Tiada Duanya

0
39
Foto : bosniatravel.net

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Gunung Kelud yang berada di Kediri, Jawa Timur merupakan gunung berapi yang masih aktif, secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Kediri. Sesuai wilayahnya kawasan ini sangat sejuk udaranya, selain panoramanya yang indah  gunung ini juga terkenal dengan suguhan 3 puncak gunungnya yakni Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kelud, dan Puncak Sumbing. Seperti kebanyakan objek wisata di Indonesia, Gunung Keud pun punya ceritanya sendiri. Alkisah Putri Raja Kadiri yang bernama Dewi Kilisuci dilamar dua raja yang bukan dari bangsa manusia, uakni Lembu Suro dan Mahesa Suro, namun dengan kecerdikan serta segala tipu daya sang putri berhasil menghindari pinangan kedua raja tersebut, karena marah dan tersinggung akibat ditolak lamarannya, Lemu Suro sempat mengucapkan kutukan kepada orang Kadiri yang isinya bahwa orang Kadiri akan mendapat balasan yang sangat besar, begitulah sepenggal legenda rakyat yang menjadi pelengkap eksistensi objek wisata ini.

Untuk mencapai lokasi objek wisata ini terlebih dahulu anda harus melewati terowongan lahar sepanjang kurang lebih 100 meter dan lebar 6 meter, terowongan tersebut minim cahaya hanya beberapa cahaya memancar dari lampu-lampu bermodel antik. Keluar terowongan anda harus mendaki sedikit kemudian anda akan bertemu Kubah Lava hasil erupsi tahun 2007 yang juga disebut Anak Gunung Kelud. Untuk ke area Gunung Kelud anda harus berjalan menusuri anak tangga sebanyak kurang lebih 150 buah.

Banyak aktivitas berlibur yang bisa anda lakukan ketika berkunjung kesini, anda bisa menikmati keindahan alam  kawasan ini melalui gardu pandang yang tersedia, tersedia juga arena bermain ATV juga flyng fox serta camping ground, selain itu tersedia pula kolam air panas anda bisa merendam kaki yang lelah disini, menenangkan… dan yang terbaru adalah wisata malam Anak Gunung Kelud.

Baca Juga:  Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas secara umum di kawasan objek wisata ini sudah cukup memadai, ada warung-warung yang menjual makanan juga minuman, Musholla, toilet, penginapan serta lahan parkir yang cukup luas. Untuk mencapai objek wisata Gunung Kelud melalui Kecamatan Ngacar, Kediri jarak tempuh berkisar 28 km dari pusat kota Kediri, jalanannya terbilang mulus, tak hanya itu anda akan disuguhi panorama yang menarik sepanjang perjalanan anda. Tarif masuk ke kawasan wisata terbilang terjangkau yaitu Rp. 10.000,-.

Jangan ketinggalan untuk menyisipkan jadwal mengunjungi objek wisata Gunun Kelud bersama keluarga anda, perlu diperhatikan siapkan fisik agar fit selama perjalanan, gunakan jaket tebal lengkap dengan penutuo kepala juga syal serta sarung tangan, dan jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman.

Tinggalkan Komentar