Melihat Aktifitas Para Petani Garam di Pantai Kasumba, Bali

0
45
Foto : kintamani.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Belum bosan dengan objek wisata di Bali kan ? nih, satu lagi… Pantai Kasumba, letaknya di Desa Kasumba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, kira-kira jaraknya sekitar 7 km ke arah timur kota Semarapura, jika anda dari Bandara Ngurah Rai Bali, anda harus menempuh jarak sekitar 90 menit menggunakan kendaraan pribadi / mobil sewa. Pantai yang memiliki warna pasir hitam ini terkenal dengan aktivitas nelayannya serta menjadi pusat pembuatan garam secara tradisional.

Para petani garam disini masih menggunakan cara lama yang telah dijalani turun temurun dalam hal membuat garam, begitu juga dengan para nelayannya, masih menggunakan cara tradisional untuk menangkap ikan. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri berwisata ke pantai ini, karena selain bisa menambah pegetahuan mengenai sebuah hal baru yang jarang anda temui di kehidupan anda sehari-hari, anda pun bisa sambil menyalurkan hobi fotografi anda dengan objek human interest di kawasan pantai ini.

Sepanjang pinggiran pantainya anda akan menemui banyak berjejer perahu cadik milik nelayan setempat yang tertambat rapi, selain itu pula banyak pondok tempat pembuatan garam di bawah pepohonan kelapa di tepian pantai. Jika anda beruntung tak jarang anda akan menyasikan upacara keagaman berlangsung di Pantai Kusamba, pantai ini sering juga dijadikan tempat berlangsungnya upacara keagamaan masyarakat Bali, di kawasan pantai ini juga terdapat pelabuhan tradisional yang merupakan akses menuju objek wisata lain yang tak jauh dari Pantai Kusamba seperti  Nusa Ceningan, Nusa Lembongan, ataupun Pulau Nusa Penida.

Di area Pantai Kusamba terdapat banyak warung yang menjual makanan serta minuman juga area parkir yang memadai. Serunya lagi, masih di area Pantai Kusamba, anda bisa juga mengunjungi pasar ikan segar, dimana ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan dijual dengan harga yang menarik yang pasti lebih murah.

Baca Juga:  3 Varian Es Tradisional Yang Wajib Anda Coba

Tinggalkan Komentar