Kopi Joss, Satu Lagi Yang Tak Boleh Terlewatkan Di Yogyakarta

1
95

Bagi para traveler yang pernah melancong menjelajah Yogyakarta pasti tak aneh mendengar kata ‘Kopi Joss’. Selain dikenal dengan wisatanya yang beragam mulai dari wisata alam, budaya, dan pendidikannya, Yogyakarta juga paling dikenal dengan keberagaman wisata kulinernya. Tak hanya kuliner asli Jogja saja yang beragam, tapi juga hampir semua makanan yang ada di Indonesia bisa ditemukan disini. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika mampir ke Jogja adalaha Kopi Joss.
Yup, benar sekali Kopi Joss. Untuk menemukan kopi Joss, anda hanya perlu berjalan sedikit ke utara dari arah Malioboro atau Stasiun Tugu. Kopi Joss banyak dijual di angkringan-angkringan sekitar stasiun Tugu. Kopi Joss sendiri awalnya hanya kopi biasa, namun menjadi agak berbeda ketika ditambahkan arang panas ke dalam gelas kopinya. Nah suara dari bara arang itulah yang mengelurkan suara ‘Josss..’ sehingga disebut Kopi Joss.
kopi
Bagi sebagian orang yang belum pernah mencicipinya, resep kopi arang itu barangkali terkesan kurang meyakinkan. Tapi soal higienitas, anda tak perlu khawatir. Arang yang dicampurkan ke dalam minuman kopi dijamin steril, karena sebelumnya sudah dibakar sampai menyala bara merah, selain itu arang yang dipakai juga bukan dari kayu biasa, hanya kayu jati dan kayu asem yang dipakai untuk pelengkap kopi joss ini. Kandungan norit di dalam arang mampu menyembuhkan berbagai keluhan sakit perut seperti mulas, dan kembung.
Untuk angkringan tempat menikmati kopi Joss yang palng terkenal di Jogja adalah Angkringan Lek Man. Selain menjadi pioneer, angkringan Lek Man juga dikenal legendaris karena sudah ada sejak 1984. Para penikmat kopi Joss berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, pekerja, hingga para pejabat dan seniman-seniman terkenal seperti Butet Kertarajasa dan Emha Ainun Najib pernah berkunjung ke Angkringan Lek Man.
kopi3
Sembari menikmati Kopi Joss bersama teman-teman, anda bisa bercengkrama sambil menikmati hidangan pelengkap lain. Kita bisa menikmati kuliner lain semisal jadah bakar, mendoan, satai usus, dan sego kucing. Harganya pun sangat bersahabat di kantong, satu gelas kopi Joss dibandrol mulai dari Rp. 4000,-. Selamat menikmati hangatnya malam di Jogja. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: helenarea.wordpress.com; aboutmylifedanskenarionya.blogspot.com; kulinerku-enak.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar