Pantai Yeh Gangga, Indahnya Ketenangan Bali

0
25

Tak bisa disangakal lagi kalau Pulau Dewata memiliki sejuta pesona yang tak cukup dilukiskan kata-kata. Entah itu pesona wisatanya, adat istiadat, serta budayanya. bagi anda yang sangat tertarik dengan wisata di Bali, tidak akan ada habisnya untuk mengeksplore keindahannya. Mulai dari wisata pantai hingga wisata pegunungan, dari yang ramai sampai yang sepi, yang modern hingga yang tradisional, anda bisa menemukan semua itu disini. Jika mood anda sedang menginginkan tempat yang tenang, anda bisa mengunjungi Pantai Yeh Gangga.

Pantai Yeh Gangga terletak di Kabupaten Tabanan, sekitar 31 km dari kota Denpasar, atau 85 menit perjalanan menggunakan angkutan darat. Pntai Yeh Gangga merupakan salah satu jajaran pantai di Bali yang berpasir hitam. Ombaknya sangat tenang, tetapi tetap saja berenang di area ini sangat berbahaya karena bisa terseret ombak yang cukup kuat.

Sekitar 30 meter lepas dari bibir pantai, anda akan menemukan sebuah batu karang yang besar yang ternyata adalah sebuah Pura yang bernama Pura Batu Bolong. Sama seperti namanya, batu karang ini memiliki lubang yang tidak terlalu besar. Jika senja datang, anda akan terpesona dengan keindahan cahaya sunset yang menyelinap malu-malu dari balik lingkaran batu karang tersebut.

Selain menjadi tempat sembahyang bagi umat Hindu terutama di Pura Batu Bolong-nya, Pantai Yeh Gangga juga sering menjadi tempat untuk melakukan upacara Melasti dan upacara pelepasan abu kremasi akhir dari upacara Ngaben. Jika anda beruntung ini akan menjadi pegelaran budaya yang menarik karena biasanya upacara di hadiri oleh ratusan umat Hindu lengkap dengan Gambelan yang mengirinigi selama prosesi berlangsung. Fasilitas di sekitar Pantai Yeh Gangga juga sudah cukup lengkap, seperti villa, bungalow, hotel, restaurant dan lainnya. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: balistarisland)

Tinggalkan Komentar