Pisang Gapit, Kuliner Khas Kalimantan yang Pantas Dicoba

0
66

Suka sekali dengan pisang? Pastinya anda yang suka pisang senang mengolah buah bertekstur lembut menjadi kuliner-kuliner yang menggugah selera. Pisang Gapit khas Kalimantan ini bisa anda coba resepnya. Pisang Gapit ini adalah  kuliner khas dari daerah Kalimantan Timur. Jajanan ini cukup terkenal di wilayah Samarinda, Balikpapan dan daerah Kaltim lainnya.

Seperti namanya “pisang gapit” bahan utamanya adalah pisang setengah matang yang biasa digunakan untuk membuat pisang goreng seperti pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk. Proses pemasakannya sama dengan namanya, yaitu dengan cara dipanggang sambil digapit, kemudian di pencet sampai pipih kemudian dicampur dengan saus karamel. Gapit sendiri berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang artinya Jepit.

Sepintas memang Pisang Gapit mirip dengan Pisang Epe khas Makassar. Di daerah Samarinda, jajanan manis ini bisa kita temui di pinggir-pinggir jalan terutama di daerah Tepian, sungai Mahakam. Bahkan dihidangkan juga dibeberapa hotel di Balikpapan dan Samarinda. Berikut resepnya:

Bahan :

9 buah pisang kepok

Margarin untuk olesan

Kuah santan :

Santan 400 cc

50 gram gula merah

Tepung maizena (larutkan dengan sedikit airl), daun pandan dan garam secukupnya

Cara membuat :

Rebus gula merah dengan air sampai mendidih.  Angkat.  Saring

Rebus kembali larutan gula merah dengan santan dan daun pandan, tambahkan larutan maizena dan garam lalu aduk rata.

Panggang pisang sambil di olesi margarin, panggang kembali sampai agak terbakar.  Lebih baik dipanggang dengan wajan anti lengket.

Sajikan pisang tuangi dengan saus gula merah dan taburan keju. (ensiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Danau Kakaban, Berenang Bersama Ubur-ubur di Daratan Kalimantan

Tinggalkan Komentar