Gua Tetes, Gua Dibalik Air Terjun

0
44

Pernah melihat scene film dimana ada gua yang berada di balik air terjun? Sangat keren bukan, memeiliki persembunyian di balik derasnya air terjun. Ternyata hal ini nayat lho, dan ada di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Namnya adalah Gua Tetes.

Gua Tetes adalah salah satu wisata alam yang ada di Lumajang. Namun sayangnya, karena kurangnya promosi dari pemda setempat, Gua Tetes ini masih belum terekspos sehingga hanya sedikit wisatawanyang datang kesini.

Dari kejauhan, Gua Tetes seperti air terjun yang berundak-undak. Apalagi saat musim penghujan, debit air yang jatuh semakin deras. Air yang mengalir disini disinyalir berasal dari Gunung Semeru. Karena air yang selalu menetes inilah, gua ini dinamakan Gua Tetes.

Pengunjung yang hendak memasuki Gua Tetes butuh megeluarkan sedikit tenaga karena harus memanjat batu-batu tersebut. Tapi tenang saja, meski selalu terkena air, batu disini tidak licin atau lumutan karena batuan disini merupakan hasil endapan kaput yang berongga-rongga.

Gua Tetes ini sebenarnya tidak terlalu luas dan dalam. Tetapi keindahan ukiran alam berupa stalagmit dan stalagtit menghiasi dalamnya gua yang senantiasa dialiri oleh air. Mitosnya, air yang menetes dan menimpa badan akan membuat awet muda. Bahkan air terjun ini dapat membuat pasangan yang sedang dalam perpecahan akan rukun kembali dan memperlancar menemukan jodoh bagi yang belum berjodoh. Itu cerita dari warga sekitar gua. (Hikari/ensiklopediaindonesia)

Baca Juga:  Danau Linow, Danau Unik yang Kerap berganti Warna Airnya

Tinggalkan Komentar