Penangkaran Buaya Tritip, Balikpapan

0
343

Liburan biasanya ke tempat-tempat yang indah, bunga-bunga bertebaran dimana-mana, burung-burung berkicau. Tapi bagaimana kalu anda liburan ke tempat dimana banyak buayanya, satwa yang dikenal dengan kulitnya yang keras, giginya yang tajam, dan ganas ini akan memenuhi liburan anda, pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Penangkaran Buaya Tritip tempatnya. Terletak di kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Penangkaran Buaya Tritip akan menghadirkan liburan yang berbeda dari biasanya. Dengan area seluas 5 hektar ini, anda akan menemukan banyak sekali buaya-buaya air tawar. Ada sekitar 1450 ekor buaya ditempat ini mulai dari buaya muara (Crocodylus porosus) dan dua spesies yang terancam punah yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) serta buaya supit (Tomistoma segellly).

Kandang ini dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu, kandang untuk anak buaya, kandang untuk menimbang berat badan buaya, kandang untuk buaya muda, dan kandang untuk buaya dewasa.

Di Penangkaran Buaya Teritip, pengunjung bisa melihat secara dekat gerak-gerik hewan amfibi tersebut.  Pengunjung juga bisa memberikan makan berupa ikan dan ayam hidup kepada buaya yang ditangkar. Saat buaya-buaya berebut makanan, menjadi hal yang menarik perhatian pengunjung. Pengunjung bisa membeli satu ekor ayam seharga Rp 10.000 dan langsung memberikan makan kepada buaya-buaya yang ditangkar.

Penangkaran Buaya Tritip juga menyediakan wisata kuliner bagi anda yang senang dengan kuliner ekstrim. Tiap akhir pekan, pengelola Penangkaran Buaya Teritip menawarkan sate buaya yang dijual dengan harga Rp 3.000 per tusuk. Sate buaya dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Ada juga alat kelamin buaya (tangkur) juga dijual dengan harga Rp 400.000-Rp 700.000.

Selain melihat proses pemberian makan buaya, pengunjung juga bisa menikmati wisata satwa lainnya, yaitu menunggang dua gajah Lampung yang ada di kompleks penangkaran buaya. Para pengunjung bisa membeli berbagai tipe suvenir yang terbuat dari kulit buaya atau suvenir berbentuk buaya.

Penangkaran Buaya Tritip terletak di Jl. Mulawarman No 66, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Penangkaran Buaya Teritip hanya berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan sekitar 20 sampai 30 menit perjalanan. Anda juga bisa mengambil transportasi umum nomor 7 dari Stasiun Bus Damai, Balikpapan. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp.10.000 per orang, dan bisa dikunjungi setiap hari, Senin-Minggu pukul 08.00-17.00 WITA.

Tinggalkan Komentar