Gonggong, Seafood Khas Tanjung Pinang

0
92

Anda penggemar seafood? Pastinya tau gonggong. Seafood khas Tanjungpinang ini memang agak tidak biasa dari seafood lainnya. Jika mengonsumsi seafood seperti ikan, udang, cumi, atau kerang sudah jadi hal yang biasa, coba berkinjunglah ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Disini pasti anda akan menemukan satu jenis seafood yang bernama gonggong.

Gonggong merupakan hewan laut yang menyerupai siput, makanya gonggong ini dikenal juga sebagai sipu laut. Kalau orang jawa menyebutnya mirip dengan bekicot. Gonggong ini sangat populer. Dimana ada warung seafood, pasti disitu juga ada gonggong.

Cara menikmatinya pun sangat sederhana. Gonggong hanya direbus, dan dinikmati dengan cocolan sambal. Akan ada beberapa pilihan sambal, tegantung selera anda mana yang lebih cocok. Saat anda memesan gonggong, anda hanya kaan dibekali tusuk gigi untuk mencongkel dagingnya. Mirip seperti makan kerang, namun yang ini lebih jumbo ukurannya.

Gonggong saat diolah juga sengaja tak dikeluarkan dulu dari cangkangnya. Jadi saat makannya, siapkan tusuk gigi, congkel dagingnya, cocolkan ke sambal makin sempurna jika dimakan dengan nasi putih hangat. Daging gonggong mirip cumi, kenyal di bagian terluarnya, dan semakin lembut pada bagian dalamnya. Tapi tetap tidak boleh berlebihan saat memakannya, karena gonggong sama seperti kerang, cukup banyak mengandung kolestrol yang kurang baik bagi tubuh.

Baca Juga:  Nikmati Pengalaman Makan Malam Yang Romantis di Kawasan Jimbaran Bali

Tinggalkan Komentar