Myth Line Trip Jogja, Dari Merapi Hingga Parangtritis

0
57

Bukan hal yang aneh lagi kalau Jogja menjadi tujuan favorit para wisatawan untuk menghabiskan libur akhir tahun mereka di Jogja. Banyak faktor yang membuat Jogja menjadi tujuan wisata favorit. Mulai dari akomodasi yang relatif terjangkau, masyarakat yang ramah, lokasinya yang mudah dijangkau, dan yang paling penting adalah banyaknya obyek wisata yang bisa dipilih para wisatawan. Mulai dari wisata sejarah dan budaya, wisata keluarga, wisata belanja, dan tentu saja wisata adrenalin.

Hal inilah yang membuat para pengusaha travel agent gencar menawarkan berbagai paket wisata di Jogja. City tour atau Gunungkidul tour sudah biasa, nah bagaimana kalau menjelajah Jogja dari ujung utara hingga ujung selatan Jogja dalam sehari saja?

Merapi Lava Tour

Menyambut pagi di Merapi bisa menjadi pilihan yang tepat. Menjelajah jejak-jejak dasyatnya letusan merapi dengan mengendarai Jeep 4WD. Siap-siap berdag-dug ria melewati medan offroad disini. Tanah berpasir dan batuan besar yang terjal akan memacu jantung Anda. Setelah sekitar 20 menitanĀ  menikmati wisata adrenalin, sampailah di Puncak Merapi. Disini Anda bisa berelaksasi menghirup udara segar khas Merapi.

Kuliner rekomendasi untuk pagi anda di Merapi, Anda bisa memilih Jadah Tempe. Jadah Tempe ini berupa jadah (ketan gurih) yang dinikmati bersama tempe atau tahu bacem. Di sepanjang Jalan Kaliurang, banyak sekali penjual-penjual yang menjajakan Jadah Tempe. Tapi jika Anda ingin mencicipi Jadah Tempe legenda, Anda bisa mampir ke warung Jadah Tempe Mbah Carik.

Keraton, Taman Sari, Pasar Beringharjo

Setelah menikmati pagi yang segar di puncak Merapi, saatnya berwisata di Kota Jogja. Ada 3 tempat yang bisa dikunjungi di pusat Kota Jogja, yaitu Keraton, Taman Sari dan Pasar Beringharjo. Di Keraton anda bisa menemukan kearifan Jogja yang sebenarnya. Keraton merupakan pusat kebudayaan jawa di Jogja. Disini Anda bisa melihat bagaimana budaya Jawa hidup dan senantiasa dijaga. Banyak yang bisa dilakukan disini, mulai dari melihat keseharian para abdi dalem hingga melihat koleksi-koleksi benda-benda keraton.

Baca Juga:  Pantai Mawun, Keelokan Tersembunyi di Pulau Lombok

Tak jauh dari Keraton, ada satu spot yang terkenal dikalangan para fotografer, Taman Sari. Taman Sari sendiri dulunya merupakan taman atau kebun istana Kraton Yogyakarta. Saat awal pembangunannya, Taman Sari mirip seperti pulau buatan yang dikelilingi danau buatan dan berbagai tanaman. Selain melihat bagaimana megahnya kebun istana, Anda juga bisa mengekspresikan hobi fotografi. Ada beberapa spot menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera anda, antara lain umbul (kolam pemandian), lorong bawah tanah, dan Sumur Gumuling.

Puas setelah menjelajah masa lalu keraton Yogyakarta, saatnya memuaskan diri untuk berwisata belanja di Pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo dikenal sebagai pusat batik di Jogja. Berbagai koleksi jenis batik ada semua. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, dari yang berbahan katun hingga sutra, dan harga puluhan ribu sampai hampir sejuta tersedia di sini. Selain batik, berbagai souvenir khas Jogja dan item fashion juga bisa ditemukan disini, tentu saja dengan harga yang lebih miring. Di Pasar Beringharjo juga terdapat food court yang bisa menjadi tempat untuk bersantap siang, atau Anda juga bisa mencicipi pecel yang banyak dijajakan di depan Pasar Beringharjo.

Pantai Parangtritis

Saat sore menjelang, namanya bukan liburanĀ  di Jogja jika anda kembali ke hotel. Lanjut menyusuri jalan Jogja menuju ujung selatan Jogja, Pantai Parangtritis. Anda bisa bergeser sedikit ke Pantai Depok untuk menikmati makan malam Anda. Di Pantai Depok Anda akan menemukan jejeran warung makan untuk bersantap seafood.

Tinggalkan Komentar