Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan

0
47

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia. Biasanya kayu manis digunakan sebagai bumbu dalam beberapa masakan Indonesia karena memiliki aroma dan rasa yang khas dan enak. Tak hanya harum, ternyata dalam sebatang kayu manis ini juga menyimpan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan kita.

  1. Mengontrol Gula Darah. Meskipun namanya ‘kayu manis’ tapi rempah khas Indonesia ini menurut sejumlah penelitian bisa menurunkan kadar gula darah. Tak hanya itu, kayu manis juga bisa menstabilkan suasan hati dan energi dalam tubuh.
  2. Meringankan Sakit Rematik. Kayu manis dapat menguangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik dan dapat mengurangi sitokin yang dapat menyebabkan rematik
  3. Pengobatan Alzheimer. Para peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas  telah mengembangkan kayu manis sebagai salah satu rempah yang bisa mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.
  4. Anti Infeksi. Kayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang alami. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.
  5. Rempah yang Serbaguna. Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. (ensiklopediaindonesia.com)
Baca Juga:  Membaca Buku Bisa Menambah Panjang Umur

Tinggalkan Komentar