Hummer Mirip Buatan Amerika Asli Sleman

0
55

Siapa yang tak kenal dengan Hummer, mobil jenis sport utility vehicle (SUV)  itu masuk dalam ketegori mobil mewah. Tak heran mobil tangguh asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat itu dibanderol dengan harga miliaran rupiah tiap unitnya. Namun di tangan seorang warga Sleman, Eko Budi Rahmanto, mobil Hummer hanya dibandrol ratusan juta rupiah saja.
Dibantu sembilan karyawannya Eko mulai membuat mobil Hummer dari nol hingga siap jalan. Dari body mobil, kaca, spion, bemper semuanya dibuat sendiri. Jika dilihat sekilas maka tidak akan bisa membedakan mana mobil Hummer asli dan mana yang buatan Eko.

Kendati hanya replika, namun soal performanya jangan ditanya. Hummer buatannya terbukti tangguh di medan offroad Gunung Merapi. Dengan mesin Toyota 1KZ, Hummer buatannya memiliki tenaga kuda yang mumpuni untuk kelas kendaraan 4×4 WD.

Sementara untuk rangka mobil, Eko mengandalkan chasis truk bekas. Bukan tanpa alasan Eko memilih chasis truk sebagai penopang replika Hummer-nya, terlebih kendaraan besar ini perlu dasar yang kokoh untuk melibas medan terjal.
Ide pembuatan Hummer tersebut bermulai dari seorang teman Eko di Jakarta yang memiliki mobil Hummer rusak total. Bodi sudah ringsek dan mesin pun sudah mati. Dia pun kemudian ingin memperbaiki Hummernya tersebut. Eko pun mencari beberapa orang yang ahli membuat kerangka mobil. Saat itu dia ingat pernah meminta Yono seorang tukang las untuk memperbaiki mobil sedannya. Dia pun kemudian mengajak Yono untuk menggarap Hummer tersebut.

Setelah ia berhasil memperbaiki mobil hummer tersebut, ia pun mulai membuka usaha membuat hummer pada tahun 2004.Pesanan pertama pembuatan mobil Hummer datang dari seorang temannya di Jakarta. Karena ingin memiliki mobil Hummer tapi tidak sanggup membeli, orang tersebut meminta Eko untuk membuatkannya dari nol.
Sejak pesanan pertama tersebut, beberapa kenalan Eko banyak yang ingin membuat mobil Hummer. Terhitung hingga saat ini, sudah ada 10 mobil Hummer yang dibuat Eko dari nol. (berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar