Kata-kata Mutiara Bisnis Bill Gates

0
42

Siapa yang tak mengenal Bill Gates, hampir semua orang di dunia telah menggunakan produknya. Dialah pendiri perusahaan IT raksasa di dunia, Microsoft. Kesuksesannya dalam dunia bisnis tak membuatnya kikir dengan semua kekayaannya. Bersama istrinya, Melinda Gates, dirinya sukses menjalankan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan amal yang bergerak dalam perbaikan kesehatan dunia. Lalu apa dibalik kesuksesannya baik dalam bisnis maupun gerakan amalnya? Dalam beberapa kesempatan kita sering kali mendengar kata-kata mutiara, dari situ kita bisa mengambil hikmah dan mempraktekannya.

Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain, jika anda melakukannya, anda menghina diri anda sendiri. Dalam kata-katanya, Bill Gates mengajarkan tentang pentingnya kepercayaan diri. Setiap dari individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita juga tidak tahuu apa yang telah dilalui seseorang dalam hidupnya hingga ia bisa berbeda dengan kita.dalam bisnis, kepercayaan diri sangat penting, , dan tidak membandingkan diri kita dengan orang lain adalah langkah pertama menuju kepercayaan diri. Tapi ingat, bukan berarti merasa paling hebat. Respek pada lainnya, ambil pelajaran dari kehidupannya, dan hadapi tantangan kehidupan.

Kesuksesan adalah Guru yang Buruk. Itu Menggoda Orang Pintar Untuk Berpikir Mereka Tidak Bisa Kalah. Bahkan seorang Bill Gates pun pernah kalah. Dia kalah dalam perang browser internet dengan Google Chrome, dalam perang tablet ia kalah melawan Apple. Intinya, sepintar apapun Anda, masih bisa kalah. Dan Bill Gates menyadarinya, sepintar apapun dia, dia masih bisa kalah. Hal inilah yang menciptakan karakter pernah lengah dalam diri Bill Gates.

Beruntunglah karena tumbuh dengan memiliki banyak kesematan untuk membaca dan memiliki banyak mimpi saat masih kecil. Jujur, pasti banyak di antara Anda yang malas membaca. Bill Gates kecil,  selain membaca buku pelajaran, ia juga sering membaca kisah-kisah dan biografi orang sukses. Hal tersebut memotivasinya untuk menjadi sukses, bahkan lebih sukses daripada orang yang dia baca. Dengan segala kesibukannya, dalam 1 tahun biasanya Bill Gates meluangkan waktu khusus 1-2 minggu hanya untuk membaca buku.

Baca Juga:  Perbedaan Antara Mereka yang Sukses dan Mereka yang Akan Terus Biasa-Biasa Saja

Jika Anda Tidak Bisa Membuatnya Bagus, Setidaknya Buatlah Hal Tersebut Terlihat Bagus. Dalam bisnis, saat Anda tidak bisa membuat produk yang lebih bagus dari pesaing, setidaknya buatlah produk Anda terlihat lebih bagus dan menarik. Anda bisa mengakalinya dengan packaging yang lebih menarik, atau melayani customer dengan layanan yang lebih memuaskan dari pesaing Anda. Meskipun produk Anda kalah bagus, pelanggan masih ada alasan kuat untuk lebih memilih Anda daripada pesaing. Contoh yang pali sempurna adalah Apple. Meskipun secara teknologi sering dianggap kalah dari Google Android, Apple iPhone mendapatkan penjualan lebih, karena membuat produknya terlihat sangat eksklusif.

Pelanggan yang Tidak Puas adalah Tempat Terbaik Untuk Belajar

Setiap bisnis pasti mempunyai pelanggan yang tidak puas. Meskipun sudah berusaha keras, pasti ada yang tidak puas dengan pelayanan kita. Menurut Bill Gates, justru pelanggan yang tidak puas inilah yang menjadi sumber terbaik untuk kita pelajari. Apabila kita berhasil membuat pelanggan tersebut puas, maka sebenarnya kita sudah berkembang dengan baik. Kata mutiara bisnis satu ini harus diajarkan setidaknya pada karyawan yang harus menghadapi pelanggan setiap hari.

Hidup Itu Tidak Adil, Jadi Biasakanlah!

Banyak orang yang menyalahkan orang lain saat mengalami kegagalan. Banyak yang merasa dunia ini tidak adil, karena orang lain mempunyai modal yang lebih daripada dirinya. Bagi Bill Gates, hidup itu memang tidak adil. Karena itu kita harus bisa membiasakannya. Orang yang bisa menerima bahwa hidup memang tidak adil, akan terus berusaha untuk menutupi ketidakadilan tersebut dengan semangat. Meratapi kehidupan tidak akan bisa memberikan perubahan apapun dalam kehidupan Anda.

Merayakan Kesuksesan Itu Wajar, Namun Lebih Penting Untuk Belajar Dari Kegagalan. Kebiasaan orang normal adalah merayakan kesuksesan sesenang mungkin, dan depresi saat menghadapi kegagalan. Merayakan kesuksesan memang tidak ada salahnya, namun menurut Bill Gates, apabila kita ingin bisnis kita berkembang, belajar dari kegagalan adalah hal yang yang lebih penting daripada merayakan kesuksesan. Setidaknya, kita harus memastikan kita tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Baca Juga:  Andrew Darwis, Founder Kaskus Website Komunitas Online Terbesar di Indonesia

Kalau Anda Terlahir Miskin, Itu Bukan Kesalahan Anda. Tapi Kalau Anda Mati Miskin, Itu Kesalahan Anda. Kata mutiara bisnis satu ini mungkin adalah kata-kata Bill Gates yang paling terkenal di Indonesia. Kita tidak bisa memilih lahir dari keluarga mana, apakah orang tua kita kaya atau tidak. Namun, ada banyak cerita tentang orang super sukses yang ternyata lahir dari keluarga miskin, atau lingkungan yang kurang beruntung. Hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun terlahir kurang beruntung, kita masih bisa mengubahnya. Kalau kita mati tanpa prestasi apapun, itu salah kita sendiri, bukan orang lain, bukan dunia. (berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar