Spot Wisata Gunungkidul yang Paling Diburu

0
291
Photo By @lut.hakim

Wisata Gunungkidul di Jogjakarta menyimpan keunikan dan daya pikat pada sejumlah landmark dan destinasi yang menawan. Anda dapat mengeksplorasi pesona wisatanya pada beberapa pantai di Gunungkidul, goa, air terjun, hingga suguhan keindahan alam menarik lainnya. Jika Anda mengunjungi Gunungkidul, sesungguhnya ada banyak sekali spot wisata menarik yang dapat ditemukan di sana.

Ada sejumlah objek wisata Gunungkidul di Jogja yang menarik dan patut Anda kunjungi, baik itu wisata alam hingga pesona pantainya yang memikat.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Ini dia salah satu spot menarik yang paling diburu wisatawan saat berlibur di Gunungkidul. Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan aliran air diantara tebing berketinggian hingga 50 m. Sebelum mencapai air terjun ini, anda harus melewati jalanan setapak di pematang sawah sejauh kira-kira setengah kilometer, dan dilanjutkan menuruni 96 anak tangga. Jika Anda ingin lebih cepat dan mudah untuk dapat sampai di lokasi air terjun, Anda dapat menyewa perahu tradisional (gethek) sebesar Rp 10 ribu per orang.

photo By @celvinaditiya_
  1. Goa Jomblang

Pernah dengar Cahaya Surga Gunungkidul? Disinilah sebutan itu muncul, Goa Jomblang. Saat caving disini, anda akan lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug. Di titik inilah Anda dapat menyaksikan stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit, membuat permukaan lantai gua menjadi begitu indah. Pemandangan menawan inilah yang disebut-sebut sebagai “Cahaya Surga”.

Photo By @olip.moto
  1. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang sudah tidak aktif lagi. Dari puncak gunung api ini, anda bisa menikmati pesona sunrise dan sunset yang memikat. Tidak jarang pula yang menghabiskan malam disini untuk melihat gemerlap indah kota Jogja dari ketinggian. Gunung Nglanggeran berbentuk seperti sebuah bongkahan batu raksasa. Anda hanya memerlukan waktu pendakian selama 1,5 jam saja untuk dapat tiba di puncak bagian barat gunung ini. Sedangkan pada puncak bagian timur, Anda dapat mengendarai motor untuk dapat sampai ke atasnya.

Baca Juga:  Melepas Penat di Telaga Herang, Majalengka
Photo By @eddsant
  1. Cave Tubing Kalisuci dan Goa Pindul

Disini anda akan diajak menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban. Saat Cave tubing, Anda mengalami pengalaman wisata alam yang berkesan, melewati aliran air di bawah langit-langit goa yang tinggi.

Photo By @aminrahmadi
  1. Pantai Indrayanti

Dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, Pantai Indrayanti berhasil memikat hati para wisatawan. Anda akan disuguhkan dengan panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai. Inilah salah satu objek wisata di Gunungkidul yang menjadi salah satu pantai romantis di Jogja.

Photo By @erikhutajulu

Di sepanjang bibir pantai, Anda dapat menyaksikan deretan restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Anda juga bisa menyewa jet sky yang ada. Beberapa cottage bahkan tersedia di sekitaran pantai bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti ini.

  1. Pantai Baron

Pantai Baron sebenarnya merupakan teluk yang berada di antara dua bukit yang mengapit pantai tersebut. selain menyajikan panorama laut yang indah, PPantai Baron juga menjadi salah satu destinasi wisata Gunungkidul bagi mereka yang ingin menyantap aneka kuliner laut yang lezat. Pantai Baron adalah juga dermaga bagi para nelayan, Anda akan menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.

Photo By @@rommypiliang
  1. Pantai Siung

Objek wisata Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan arena panjat tebingnya. Setidaknya ada 250 jalur pemanjatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai Siung memiliki hamparan pasir yang putih, dan populer dengan batu karangnya yang berukuran raksasa. Para penggemar olah raga panjat tebing tentu saja akrab dengan pantai ini. Sejumlah event panjat tebing skala nasional dan internasional pernah digelar di tempat wisata Gunungkidul yang satu ini.

Tinggalkan Komentar