Gudeg Legendaris, Sayang Untuk Dilewatkan

0
2

Berkunjung ke Jogja belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas Jogja, yaitu Gudeg. Gudeg sendiri makan yang diolah ari nangka muda yang dimasak dengan bumbu dan gula dan dimasak agak lama agar bumbu dan gula meresap. Dari banyaknya gudeg yang bertebaran hampir di seluruh area Jogja, tentu anda ingin memncicipi gudeg – gudeg legendaris dan unik yang ada bukan. Berikut beberapa gudeg legendaris dan unik yang mana ketika anda akan mencicipinya anda harus berbaris rapi hingga menyerupai ular karena begitu banyaknya peminat hingga menghabiskan waktu berjam-jam. Berikut gudeg-gudeg tersebut yang bisa anda cicipi saat anda berkunjung ke Jogja.

Gudeg Legendaris di Jogja :

1. Gudeg Yu Djum

Salah satu gudeg yang paling terkenal akan cita rasanya adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg legendaris yang sudah mencapai generasi ke empat ini menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk dapat langsung melihat proses pembuatan Gudeg, bahkan terlibat dalam proses pembuatannya.

Harga satu porsi gudeg dan lauknya berkisar dari Rp 8 ribu sampai Rp 30 ribu. Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Untuk pengemasan, Anda bisa memilih dengan besek atau kendil. Untuk satu paket gudeg besek, harganya mulai dari Rp 35 ribu. Sedangkan untuk satu paket gudeg kendil, harganya berkisar Rp 90 ribu sampai Rp 180 ribu.

Gudeg Yu Djum dapat Anda kunjungi di beberapa tempat di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22, Jalan Kaliurang Km 5 Koncoran Gg Srikaton 2, Wijilan no. 31 Jalan Laksda Adisucipto, dan juga sebelum perempatan Ring Road Utara Maguwoharjo.

2. Gudeg Kendil Bu Tjitro

Gudeg Kendil Bu Tjitro juga termasuk gudeg legendaris di Jogja, menyajikan gudeg yang lengkap dengan sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung. Satu hal yang menjadikan Gudeg Bu Tjitro berbeda yakni saos sambal yang digunakan adalah saos kering atau arek bening yang tidak digoreng. Untuk oleh-oleh, Gudeg kendil bu tjitro mampu bertahan hingga 48 jam. Sekarang juga sudah tersedia gudeg kaleng bu tjiro yang mampu bertahan hingga 1 tahun tanpa bahan pengawet!

3. Gudeg Pawon

Dijamin, saat anda menikmati gudeg ini, anda akan mendapatkan pengalamn unik yang tak terluapakan. Jika biasanya kita menikmati gudeg di warung atau restoran yang tentu saja terpisah di dapurnya, disini kita justru langsung makan di dapur tempat gudeg-gudeg itu dimasak. Untuk bisa mendapatkan pengalaman ini, anda bisa langung datang ke Jalan Janturan Nomor 36-38 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Namun jangan terkejut jika melihat antrian panjang seperi ular melingkar di depan pintu dapur.

gudeg legendaris
sumber : cari-toko.com

4. Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele

Jika bisasanya anda menikmati gudeg dengan lauk seperti ayam, tahu, tempe, atau telur, maka diwarung gudeg Legenda ini anda bisa menemukan mangut lele. Warung Sego ngGeneng terletak di Dusun Nengahan, Panggung Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Warung sego nggeneng adalah warung makan yang menyajikan gudeg klasik dengan areh yang tidak kental dan sayuran hijaunya menggunakan daun pepaya yang tidak pahit. Sambalnya berupa sambal kacang tholo yang dimasak pedas dengan menggunakan rambak (krecek ndeso).

5. Gudeg Mercon Bu Ngatinah

Gudeg manis tentu sudah biasa, tapi gudeg yang manis, gurih dan pedas bisa jadi kejutan tersendiri bagi para pecinta kuliner tradisional. Dengan perpaduan sambel krecek dan olahan sambel dari lombok hijau yang dijadikan salah satu menu penambah pedas kuliner tersebut.

Penasaran? Langsung saja susuri seputaran pasar Kranggan tepatnya di sisi sebelah Barat Klenteng Poncowinatan Yogyakarta. Di sebuah trotoar akan terlihat kerumunan ramai penggemar gudeg mercon yang mengantri. Gudeg Legenda ini buka mulai pukul 23.00 malam hingga pukul 04.00 pagi.

6. Gudeg Wijilan

Daerah Wijilan terkenal dengan warung-warung gudeg legenda. Salah satu yang cukup terkenal di Wijilan antara lain adalah warung Bu Slamet yang merupakan warung gudeg tertua di Wijilan, ada pula warung gudeg Bu Lies, hingga warung gudeg Yu Djum yang sangat terkenal seantero Jogja. Setiap warung memiliki ciri khas baik dari segi interior bangunan maupun dalam hal penyajian. Anda pun dapat memilih warung gudeg sesuai dengan pilihan dan selera masing-masing.

7. Gudeg Ceker Sedep Raos

Makan ceker dalam balutan bumbu gudeg menjadikan sensasi tersendiri menikmati olahan ceker. Bumbu gudegnya yang gurih dan kental karena memakai blondo (santan kental) atau biasa disebut dengan areh berpadu dengan rasa manis dan gurih sangat dominan dalam gudeg ceker.

Gudeg Legenda, Ceker Sedep Raos Seturan ini ada di Jl. Affandi Gejayan No. 30, Soropadan atau lebih tepatnya sebelah kiri Jembatan Merah Gejayan. Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan ini adalah gudeg ceker yang semula berada di Jl. Seturan No. 15 dan kemudian berpindah tempat. Pastinya Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan rasanya memang sedep sehingga warung ini tidak pernah sepi dan selalu ramai oleh pembeli walaupun berpindah tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here