Menyehatkan Otak dengan Cara Sederhana

0
41

Otak adalah salah satu organ tubuh yang bekerja mengendalikan diri manusia. Fungsi otak adalah untuk berpikir dan memerintah anggota tubuh yang lain seperti mulut, tangan atau kaki untuk bergerak. Karena fungsinya yang begitu penting jika otak sehat maka akan mendorong kesehatan tubuh dan menunjang kesehatan mental pula. Begitupun sebaliknya, jika otak terganggu maka kesehatan tubuh serta mental dapat terganggu pula. Selama ini kebanyakan orang fokus untuk menyehatkan tubuh saja, padahal otak juga perlu bahkan wajib dijaga kesehatannya. Apa saja cara yang dapat menyehatkan otak? Berikut penjelasan beberapa cara sederhana untuk menyehatkan otak yang dapat dilakukan secara runtin :

Tips Menyehatkan Otak

1. Berjalan kaki

Berjalan kaki sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan berjalan kaki selama 20 menit setiap hari, otak Anda akan mendapatkan tambahan nutrisi. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak terutama pada pusat memori.

2. Berhenti khawatir

Sebuah studi dari University of Gothenburg di Swedia menyatakan, kekhawatiran yang ada dalam pikiran akan membuat otak bekerja dua kali lebih keras dan menimbulkan stres berkepanjangan di kemudian hari. Cobalah menikmati hidup dan berhenti mengkhawatirkan hidup Anda.

3. Olahraga

Tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menyehatkan otak. Ketika tubuh bugar dan sehat, jiwa Anda akan terdorong untuk lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas. Ketika Anda rutin melakukan olahraga, dapat dipastikan memori otak Anda akan bekerja dengan lebih baik.

4. Bermain dengan alam

Berinteraksi dengan alam tak hanya menyehatkan raga saja tetapi juga menyehatkan jiwa, membantu dan memberikan ketenangan pada pikiran. Sesekali luangkan waktu Anda untuk bermain atau sekadar mengunjungi alam bebas. Dengan demikian, hidup Anda akan terasa lebih baik dan terbebas dari stres atau depresi.

Baca Juga:  Manfaat Apel Untuk Kecantikan
menyehatkan otak
sumber : portal-berita.com

5. Makan buah dan sayuran

Sejak kecil, anak-anak telah diperkenalkan pada sayur dan buah-buahan oleh orang tua mereka. Buah dan sayuran sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat tertentu yang sangat baik bagi tubuh sehingga sangta baik dikonsumsi untuk segala jenis usia. Ketika tubuh sehat maka otak juga akan menerima banyak nutrisi dengan baik.

6. Mancampurkan kunyit pada makanan

Dari hasil studi dari Institute of Neuroscience and Medicine di Jerman, kunyit sangat baik untuk otak karena dapat mengurangi berbagai gangguan di otak. Zat-zat yang terdapat pada kunyit ternyata dapat menyegarkan sel induk pada otak. Campurkanlah sedikit kunyit pada setiap masakan Anda, dijamin hidup Anda akan lebih sehat.

7. Tertawa

Tertawa sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan tertawa, Anda dapat membuat pikiran menjadi lebih santai. Ketika pikiran kita santai, maka tubuh kita juga akan menjadi sehat. Selalulah tertawa agar hidup Anda akan menjadi lebih menyenangkan.

Tinggalkan Komentar