Segudang Manfaat Dibalik Buah Mengkudu

0
56

Meski tidak senikmat dan sesegar buah lainnya, Mengkudu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran buah berwarna putih tulang ini sering dijadikan jamu. Jika Anda tidak suka memakannya secara langsung, anda bisa membuatnya menjadi jus mengkudu yang dicampur madu, atau bisa dicampur pada rujak. Buah yang dikenal dengan nama buah noni ini memiliki khasiat antara lain sebagai berikut:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkudu bisa memperkuat sistem imun tubuh, karena membantu tubuh menghasilkan lebih banyak limfosit.  Tidak heran jika buah ini bermanfaat sebagai penangkal bakteri, virus, dan infeksi jahat. Zat antibakteri pada buah mengkudu disinyalir bahkan mampu melawan bakteri menular seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Memperbaiki Suasana Hati

Mengkudu bisa merangsang perbaikan hormon seratonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut sangat penting karena bersifat menjaga suasana hati, emosi dan tidur seseorang. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu, maka serotonin dan melatonin dalam tubuh bisa terjaga. Hal ini memungkinkan tubuh tetap rileks, nyaman, dan mengurangi depresi.

mengkudu

Meredakan Nyeri

Kandungan nutrisi pada buah mengkudu disinyalir mampu menjadi obat yang baik untuk sakit nyeri. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah dengan banyak biji bisa mengurangi rasa sakit baik sakit kepala ataupun nyeri akibat rematik dan sejenisnya. Dibandingkan obat tramadol dan hidrokortison, mengkudu memiliki manfaat lebih baik dalam menghilangkan nyeri.

Anti-Tumor Dan Anti-Kanker

Buah mengkudu merangsang oksida nitrat suatu zat yang berguna untuk mengurangi pertumbuhan tumor maupun sel kanker. Buah ini juga memiliki nutrisi berupa fitokimia dimana nutrisi ini baik dalam melawan tumor dan sel kanker.

Itulah manfaat dari buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini. di setiap daerah punya penyebutan masing-masing dalam menamai buah mengkudu ini. Pertumbuhan yang sangat mudah dari penanaman biji buh ini menjadikan pohon buah mengkudu ini sangat mudah untuk dibudidayakan.

Baca Juga:  Dapatkan Hidup yang Sehat dengan 7 Kebiasaan Sederhana Ini

Varian dari cara mengkonsumsi buah ini pun sekarang mengalami perkembangan. Seperti dijadikan kapsul sehingga dalam mengkonsumsi buah ini tidak usah repot-repot mengupas buahnya secara langsung.

Tinggalkan Komentar