Dwiki Dharmawan Pemusik Jazz Berdarah Sunda

0
43

Dwiki Dharmawan
Dwiki Dharmawan, pria kelahiran Bandung, 19 Agustus 1966 ini adalah seorang pemusik jazz handal asal Indonesia. Dwiki Dharmawan adalah musisi Indonesia yang sangat kreatif. Sekarang ini, ia fokus pada perkembangan seni tradisional untuk mengembangkan ide-ide baru dan mendapatkan inovasi-inovasi baru. Salah satu inovasinya adalah menggabungkan tari topeng dengan musik jaz, yang menggambarkan campuran antara budaya nasional dan internasional.
Karirnya bermula saat ia bergabung dengan grup musik “Krakatau” bersama Pra Budi Dharma, Donny Suhendra, dan Budhy Haryono pada tahun 1985. Pada tahun yang sama, ia meraih penghargaan “The Best Keyboard Player” pada Yamaha Light Music Contest, Tokyo, Jepang.
Tumbuh di lingkungan Bandung, membuat ia banyak mengenal musik tradisional sunda. Hingga pada tahun 1990, Dwiki memutuskan untuk menekuni musik tradisional Indonesia, khususnya musik Sunda dan kemudian merilis album Mystical Mist serta Magical Match. Selain musik sunda, ia juga mempelajari musik-musik mulai dari Aceh, Melayu, Jawa, Bali dan lainnya. Hingga akhirnya ia menjadi co-music director untuk pagelaran musik Megalithicum Quantum pada tahun 2005.
Selain karir solonya yang melambung, musik Krakatau juga mendapatkan pengakuan secara Internasional. Jurnal World of Music yang terbit di Amerika, telah menyebut bahwa Krakatau telah menjadi bagian penting dari Khazanah music dunia. Krakatau telah berhasil menggabungkan musik-musik tradisional Indonesia dengan jazz hingga menghasilkan music yang bagus.
Saat ini Dwiki mengelola sekolah Musik yang bernama Lembaga Pendidikan Musik Farabi yang memberikan pelajaran musik jazz, klasik maupun tradisional. Dwiki ingin Farabi menjadi duta penyebaran cross culture. Setiap murid akan dikenalkan tentang musik etnik dan modern. Jaringan sekolah Farabi kini tak hanya di Jakarta, namun mulai merambah Medan dan Denpasar. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)
 

Tinggalkan Komentar