Danau Matano, The Deepest One in South-East Asia

0
50

Banyak  yang mengetahui bahwa Danau Toba adalah danau terluas se-Asia Tenggara, namun sangat jarang yang mengetahui bahwa danau terdalam se-Asia Tenggara juga terdapat di Indonesia. Danau itu adalah Danau Matano. Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 600 meter  hingga WWF menobatkan  danau ini sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan terdalam kedelapan di dunia.
Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan.  Dikelilingi oleh pegunungan Verbec, Danau Matano sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata. Dengan kejernihan air mencapai 23 meter, sangat menggoda untuk melakukan banyak kegiatan dalam air, seperti snorkeling dan diving. Selain pemandangannya yang sangat indah, Danau Matano juga memiliki komposisi kimia yang khas, sehingga terdapat beberapa satwa endemik yang hanya dapat ditemukan di Danau Matano.
Ada beberapa hal menarik lainnya yang ada di sekitar danau Matano ini. Seperti gugusan pulau-pulau kecil di danau Matano yang mengagumkan yang tampak seperti taman mini di atas air.  Disana juga terdapat Gua bawah air yang menjadi salah satu objek paling eksotik di Danau Matano. Di sebuah dinding batu besar, tepat di tepi danau, terdapat lubang besar yang hanya bisa dimasuki dengan berenang. Mulut gua itu tidak besar. Bagi wisatawan yang masuk ke dalam ruangan gua, bagaikan masuk ke dunia yang lain. Ruang yang lapang di atas air, ditambah cahaya yang menerobos dari celah kecil di atas gua, memberi kesan yang sangat nyaman bagi mereka yang berani mencobanya.
Selain itu, di sekitar danau Matano juga terdapat sebuah Yatch Club. Yatch Club adalah sebuah dermaga kecil tempat wisatawan mengakses angkutan air seperti raft dan speed boat. Di tempat ini, disediakan pula kano yang bisa dipakai mengitari pesisir pantai sambil berolahraga. Di Yatch Club, pengunjung dapat menyewa speed boat bermuatan 7 orang, untuk mengitari danau selama sehari penuh dengan biaya hingga Rp.1,6 juta. Dengan berbagai keindahan dan keunikan ini, kelestarian Danau Matano merupakan aset yang perlu terus dijaga. (Hikari/inloveindonesia.com)

Tinggalkan Komentar