Tingkatkan Sistem Imun ? Konsumsi Makanan ini

Yogurt untuk Tingkatkan Sistem Imun
Foto : https://hellosehat.com/

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Sistem imun mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi disaat genting seperti sekarang ini, adanya wabah virus Covid-19 membuat kita harus lebih memperhatikan kesehatan tubuh kita. Jika kekebalan tubuh anda kuat,anda tidak akan mudah teserang penyakit. Begitupun sebaliknya, jika sistem imun kita melemah, maka serangan virus, bakteri, jamur dan lainya tubuh anda akan mudah terinfeksi. Oleh sebab itu, banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh, dilansir Alodokter, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bernutrisi tinggi. Apa saja makanan tersebut? Berikut informasinya.

Brokoli untuk Tingkatkan Sistem Imun

Brokoli untuk Tingkatkan Sistem Imun
Foto : https://blog.regopantes.com/

Sayuran ini diperkaya akan vitamin A, C, dan E. serta banyak mengandung serat dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang didapatkan dari brokoli inilah yang dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun pada tubuh kita. Supaya nutrisi yang terkandung tidak hilang, disarankan memasaknya tidak terlalu lama atau bahkan tidak dimasak sama sekali.

Bayam

Bayam untuk Tingkatkan Sistem Imun
Foto : https://www.wowkeren.com/

Bayam merupakan sayuran yang tidak kalah bernutrisi dari brokoli. Menurut Kementrian Kesehatan RI pada bayam yang masih mentah, terdapat berbagai vitamin dan mineral didalamnya, beta karoten, vitamin C, vitamin A, vitamin B1 dan B2 yang efektif untuk memperuat sistem imun tubuh. Namun, jika bayam dimasak terlalu lama, nutrisi yang ada didalam nya akan berkurang bahkan hilang. Jadi pastikan anda tidak lama dalam memasaknya.

Bawang Putih untuk Tingkatkan Sistem Imun

Bayam untuk Tingkatkan Sistem Imun
Foto : https://hellosehat.com/

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal dengan bau yang sedikit menyengat jika belum diolah. Tetapi bawang putih memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya, salah satunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Rempah ini mengandung zat allicin, zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu bawang putih memiliki sifat antioksidan dan mengandung zat yang berguna untuk membasmi bakteri, virus, dan parasit.

Baca Juga:  Brokoli Untuk Lepaskan Ketergantungan Pada Rokok

Kunyit

warna kuning kunyit menandakan kandungan probiotik
Foto : https://www.ayobandung.com/

Kunyit atau yang bernama latin Curcuma Longa L ini mengandung senyawa metabolit  bahan alam berupa kurkumin yang dipercaya memiliki potensi terapautik yang beragam seperti antibiotik, antioksidan, antikanker, dan untuk penanganan penyakit Alzheimer. Kurkumin yang ada pada kunyit ditandai oleh warna kuning pada rempah ini yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Buah-buahan

Buah untuk Tingkatkan Sistem Imun
Foto : https://www.halodoc.com/

Buah-buahan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral ditandai dengan warna yang cerah dan terang. Nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh supaya lebih kuat. Beberapa jenis buah yang baik adalah jeruk, paprika, lemon, cabai, papaya, manga, kiwi, jambu, dan stroberi.

Yoghurt

Yogurt merupakan manakan fermentasi dengan rasa yang enak
Foto : https://hellosehat.com/

Merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik, yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi yang memiliki rasa sedikit asam dan manis. Selain yoghurt, tempe, dan kimchi merupakan makanan hasil fermentasi lainya.

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bakteri ini juga dapat menghalau infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA.

Selain makanan yang telah diulas diatas, demi menjaga kekebalan tubuh, anda juga harus menyeimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak minum air putih, serta menjaga pola idup sehat.

 

Tinggalkan Komentar