Tips Menghadapi Pandemi Global COVID-19

0
44
Waspada COVID-19
Foto : infeksiemerging.kemkes.go.id/

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – COVID-19 merupakan pandemi yang disebabkan oleh virus corona jenis baru (novel coronavirus) yang pertama kali mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019 yang lalu. Gejala umum COVID-19 ialah demam, kelelahan, dan batuk kering. Diantaranya juga mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare.

Virus ini sangat mudah menyebar melalui kontak fisik antar manusia. Dilansir dari website resmi World Health Organization (WHO) total jumlah kasus terinfeksi virus ini di dunia telah mencapai 827.419 yang tersebar di 205 negara. Hingga saat ini di Indonesia sendiri terdapat 1677 pasien positif corona, 157 orang meninggal, dan 103 sembuh.

Dalam menghadapi pandemi global ini, kita tak perlu panik dan takut yang berlebihan. Berikut adalah Tips Menghadapi Pandemi Global COVID-19

Menerapkan Physical Distancing

Physical Distancing Tips Menghadapi COVID-19
Foto : kompas.com

Virus ini mudah menular melalui tetesan kecil hidung atau mulut pasien yang terinfeksi. Orang yang tanpa sengaja memegang benda atau menghirup sesuatu yang telah terkontaminasi lalu menyentuh mata, hidung ataupun mulut dapat ikut tertular penyakit ini. Untuk itu setiap orang perlu menerapkan Physical Distancing yaitu pembatasan fisik untuk mencegah meluasnya COVID-19. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga jarak aman lebih dari 2 meter ketika berinteraksi dengan orang lain. Selain itu usahakan untuk tidak keluar rumah kecuali ada urusan penting, hindari berjabat tangan, dan hindari untuk berinteraksi secara langsung dengan orang banyak.

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Jaga kebersihan Tips Menghadapi COVID-19
Foto : halodoc.com

Mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan salah satu langkah efektif untuk menghindari terinfeksi COVID-19. Selain itu penting bagi kita untuk menjaga kebersihan tubuh terutama setelah beraktifitas diluar rumah. Saat pulang dari berpergian segeralah mencuci tangan dan mandi. Usahakan untuk tidak menyentuh barang-barang yang ada dirumah. Bersihkan dan sterilkan peralatan yang sering dipegang untuk meminimalisir kemungkinan adanya virus yang menempel di barang-barang. Gunakan masker jika kita sedang flu dan batuk, atau kita juga dapat menutupinya dengan tisu atau kain untuk mencegah penularan virus.

Baca Juga:  Bunga Edelweiss dengan Mitos Keabadiaannya

Menjaga Kesehatan Tubuh

Jaga Kesehatan Tips Menghadapi COVID-19
Foto : edukasi.kompas.com

Tubuh yang sehat dengan sistem imun yang tinggi dapat mengurangi kemungkinan untuk terinfeksi virus. Kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin berolah raga. Biasakan pola hidup sehat pada keseharian kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Dan jika kita merasa memiliki gejala terinfeksi corona segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.  Untuk tips meningkatkan sistem imun kita dapat klik disini.

Mengikuti Anjuran Pemerintah Tentang COVID-19

Stay at Home Tips Menghadapi COVID-19
Foto : wartapati.com

Meningkatnya jumlah pasien positif corona membuat pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan serta anjuran untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Sebagai warga negara yang baik dan demi menjaga kesehatan bersama, sudah sepatutnya kita mengikuti anjuran tersebut. Misalnya untuk tidak melakukan kontak dekat maupun fisik. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari peningkatan jumlah orang yang terinfeksi

Cermat Dalam Memilih Informasi Tentang COVID-19

Foto : radartegal.com

Disaat seperti ini penting bagi kita untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Namun cermatlah dalam memilih informasi terkait wabah ini. Jangan termakan hoaks yang dapat menimbulkan kepanikan yang berujung dengan kecemasan berlebih dan menimbulkan stres. Hal itu juga dapat menyebabkan psikosomatik yaitu keluhan fisik tanpa adanya penyakit. Untuk itu kita harus memilih informasi dari sumber yang terpercaya misalnya WHO atau Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Perbanyak Ibadah dan Berdoa di Rumah

Foto : idntimes.com

Kita telah berikhtiar secara lahir dengan sedemikian rupa untuk mencegah penularan virus. Selain itu kita perlu ikhtiar secara batin yaitu dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Perbanyaklah ibadah dan berdoa agar hati kita lebih terasa tentram dan damai, serta diberikan perlindungan dari marabahaya.

Dalam menghadapi wabah yang semakin meluas ini kita boleh takut namun tidak boleh panik yang berlebih. Tetap waspada dan patuhi aturan yang ada agar anda beserta keluarga tetap sehat dan terhindar dari virus ini. Sekian Tips Menghadapi Pandemi Global COVID-19, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.

Baca Juga:  Yuk, Lihat Hujan Meteor Perseid dan Delta Aquarid!

Untuk berbagai informasi yang ada di Indonesia kunjungi laman Ensiklopedia Indonesia.

Tinggalkan Komentar