Tips Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

1
2637
Sistem Imun
Foto : idntimes.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Sistem imun atau daya tahan tubuh merupakan bentuk perlindungan diri dari serangan  kuman penyakit, mulai dari bakteri hingga virus. Penting bagi kita untuk menjaga pola hidup yang sehat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Terutama disaat ini dunia tengah berperang melawan wabah virus corona yang menyebabkan pandemi global COVID-19 (Tips menghadapi pandemi global COVID-19).

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti pembahasan berikut :

  1. Memperbanyak makan sayur dan buah
Buah untuk sistem imun
Foto : liputan6.com

Memperbanyak makan buah dan sayur akan menambah asupan vitamin dan mineral pada tubuh. Zat-zat tersebut mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

2. Istirahat yang cukup

istirahat yang cukup untuk sistem imun
Foto : mediakesehatan.id

Bagi anda yang hobi begadang sebaiknya kurangi dahulu. Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Pastikan anda mendapat istirahat yang cukup, bagi orang dewasa memerlukan sekitar 7-8 jam waktu tidur. Sedangkan untuk remaja dan anak anak sekitar 9-10 jam.

3. Menghindari stres

Foto : tribunnews.com

Produksi hormon Kortisol dapat meningkat saat kita mengalami stres berat. Bila hal ini terjadi dalam janga waktu yang panjang, sistem imunitas tubuh dapat menurun. Kelola stres dengan baik dan hindari hal yang membuat stres berat.

4. Berolahraga dengan rutin

Foto : tribunnews.com

Berolahraga lah selama 30 menit setiap harinya. tidak perlu olahraga yang mahal. Cukup dengan berjalan kaki, bersepeda ataupun melakukan gerakan pemanasan. Jika hal itu dilakukan rutin maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi.

5. Menghindari rokok dan alkohol

Foto : honestdocs.id

Asap rokok mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuh. rokok dan alkohol meningkatkan resiko mengalami infeksi paru, bronkhitis, dan pneumonia. Untuk itu sebisa mungkin kita menghindarinya karena dapat merusak sistem imun tubuh.

6. Mengkonsumsi suplemen

Foto : hellosehat.com

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, kita juga dapat mengkonsumsi suplemen tambahan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Suplemen dengan kandungan Echinacea, Morinda citrifolia, Phylantus ataupun yang mengandung vitamin B6, C, dan E dipercaya dapat membantu melengkapi pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas.

Biasakan pola hidup sehat pada kehidupan kita. Dengan begitu tubuh kita memiliki kekebalan yang tinggi terhadap penyakit dan tidak mudah terinfeksi bakteri ataupun virus. Sekian informasi tentang tips meningkatkan sistem imun semoga bermanfaat, terima kasih. Untuk informasi lebh banyak lagi bisa akses ensiklopedia indonesia.

Tinggalkan Komentar