Cek Tips Memilih Handphone Murah Terbaik Beserta 5 Rekomendasinya

0
75
sumber : asset-a.grid.id

Handphone merupakan salah satu benda yang tak dapat dilepaskan keberadaannya dari manusia. Hal ini dikarenakan setiap aktivitas pasti akan terasa lebih mudah jika didukung dengan bantuan Hp. Bahkan, sudah banyak hal yang kini sudah dapat dilaksanakan secara lebih mudah dengan adanya Hp. Mulai dari berbelanja, berbisnis, mengerjakan tugas, dan masih banyak lainnya.

Apalagi semakin ke sini Hp yang ada di pasaran juga semakin canggih sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Produsen Hp di seluruh dunia juga berlomba-lomba untuk menghadirkan produk Hp yang kekinian dan sesuai dengan harapan pengguna. Namun, dengan banyaknya merek Hp yang ada, kita kerap kali bingung ingin membeli yang mana. Dengan begitu, kita harus mengetahui pertimbangan-pertimbangan penting dalam membeli Hp agar tak salah pilih.

Begini Cara Memilih Handphone Berkualitas yang Tahan Lama

Mungkin Anda atau teman Anda pernah mengalami penyesalan setelah membeli sebuah Hp. Meskipun kecil, tetapi perangkat tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga jika kita salah beli, pastoi kita akan sangat kecewa. Pada beberapa kasus, mungkin seseorang membeli suatu Hp karena tertarik dengan iming-iming di iklan yang dilihat tanpa memerhatikan hal lain. Untuk itu Anda harus mengikuti tips berikut ini agar mendapatkan Hp yang sesuai dengan harapan:

  1. Cek Chipset atau Prosesor yang Dimiliki oleh Hp

Bagi sebagian besar orang, mungkin chipset bukan merupakan pertimbangan yang penting sebelum membeli sebuah Hp. Padahal, chipset merupakan salah satu bagian yang menentukan performa dan ketangguhan dari suatu Hp. Semakin terkini chipset yang digunakan, maka tentu saja performanya akan semakin baik.

Untuk sekarang ini, chipset yang umum digunakan adalah dari seri Snapdragon 400 dan Snapdragon 600. Snapdragon 400 termasuk dapat diandalkan untuk mendukung berbagai kegiatan smartphone. Untuk seri ini, sebaiknya Anda memilih Hp dengan chipset Snapdragon 425 ke atas untuk mendapatkan performa yang memuaskan.

Sedangkan, untuk smartphone di bawah Snapdragon 425 tidak disarankan bagi Anda yang memimpikan performa yang mantap. Namun, kalau Anda mau yang performanya super andal, pilihlah smartphone dengan Snapdragon 625 atau Snapdragon 636. Dua smartphone ini bahkan di klaim memiliki performa yang hampir mirip dengan smartphone flagsip.

  1. Pilihlah Smartphone Berkelas Mid-End

Untuk mendapatkan Hp yang berkualitas tapi dengan harga yang murah, Hp kelas mid-end merupakan pilihan yang tepat. Hp mid-end merupakan Hp kelas menengah yang harganya terjangkau namun memiliki spek yang dapat diandalkan. Yang jelas, kualitas dari Hp kelas ini jauh lebih oke dibanding Hp kelas entry-level.

Baca Juga:  Daftar Kenaikan Harga Rokok Per 1 September

Selain itu, Hp kelas ini juga memiliki pilihan yang cukup banyak. Dengan begitu, Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan secara lebih mudah. Untuk harganya sendiri berada di kisaran antara Rp 2.000,000 hingga Rp 3.000.000.

  1. Selidiki RAM yang Dimiliki

Di pasaran ada banyak pilihan RAM yang dapat dipilih oleh pembeli. Namun, biasanya ukuran RAM di sebuah Hp menyesuaikan dengan chipset yang digunakan. Untuk seri Snapdragon 400, biasanya RAM yang ditawarkan adalah berukuran 2 GB atau 3 GB. Sedangkan, untuk seri Snapdragon 600 ukuran RAM-nya lebih besar mulai dari 3 GB 4 GB, hingga 6 GB.

Semakin besar RAM yang dipilih, tentunya juga memungkinkan pengguna menyimpan lebih banyak data pada handphone. Untuk Hp dengan ukuran RAM yang besar pastinya harganya akan sedikit lebih mahal daripada RAM kecil. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan budget yang dimiliki sebelum memilih ukuran RAM.

  1. Kualitas Kamera

Jika budget yang kita miliki adalah sekitar 2 atau 3 jutaan, Anda bisa mendapatkan kamera smartphone dengan kualitas yang mumpuni. Sehingga, Anda dapat memotret secara konvensional dan dipuaskan dengan fitur yang lumayan lengkap. Bahkan, tak jarang ada Hp murah yang sudah dibekali dengan fitur dual kamera yang membuat hasil foto lebih baik. Sedangkan, untuk yang suka merekam video, disarankan untuk membeli Hp yang sudah dilengkapi dengan fitur OIS yang mampu menghasilkan video berkualitas 4K.

  1. Perhatikan Desain dan Kualitas Material

Untuk desain sebenarnya bergantung dari selera orang masing-masing. Tetapi, kalau ingin mengikuti tren saat ini, Hp dengan desain layar tanpa bezel atau Hp dengan notch merupakan pilihan yang oke. Dengan memilih desain yang kekinian, pastinya Anda juga akan memiliki Hp yang lebih modern.

Pastikan juga Anda juga mengetahui kualitas dari material yang bagus pada smartphone. Umumnya, smartphone kekinian menggunakan material plastik maupun aluminium. Apa pun material yang digunakan Anda wajib mengetahui kelebihan material dengan mengeceknya di internet atau bertanya pda orang yang lebih mengerti.

  1. Ukuran Layar

Tujuan seseorang membeli smartphone umumnya berbeda-beda. Ada yang sekadar untuk memudahkan komunikasi, ada juga yang digunakan untuk gaming. Kalau Anda menyukai Hp dengan layar besar untuk menunjang berbagai aktivitas, pilihlah Hp dengan layar 6 inci ke atas.

Namun, kalau mau yang lebih fleksibel dan tidak memakan banyak tempat, Hp berukuran layar di bawah 5 inci dapat menjadi pilihan. Selain itu, ada baiknya Anda juga memerhatikan resolusi layar Hp yang ingin dibeli. Untuk zaman sekarang, resolusi yang paling ideal digunakan setidaknya adalah 1080 piksel atau layar full HD.

  1. Baterai
Baca Juga:  Desa Kalisari, Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Menjadi Biogas

Baterai merupakan perangkat keras yang paling penting dalam sebuah Hp. Pemilihan ukuran baterai biasanya berimbas pada ukuran Hp. Biasanya, Hp yang dibekali dengan baterai berukuran fisik besar, maka ukuran Hp juga cenderung besar. Namun tak jarang juga ada Hp yang baterainya berukuran besar tetapi ukuran Hp-nya tetap ramping.

Untuk aktivitas seharian sebaiknya pilihlah baterai yang bukan hanya berukuran besar, tetapi juga berkapasitas besar. Minimal gunakanlah Hp dengan kapasitas baterai 2.500 mAh. Kalau mau yang lebih awet Anda bisa memilih baterai berkapasitas 4.000 mAh ke atas. Jangan lupa juga untuk memperhatikan jenis baterai. Jika Anda kerap melepas baterai untuk suatu kepentingan pilihlah baterai yang dapat dilepas atau removable battery.

Sedangkan bagi Anda yang tidak pernah melepas baterai, tak ada salahnya jika Anda memilih smartphone dengan baterai tanam atau non removable battery. Pilih juga Hp yang dilengkapi dengan fitur fast charging agar pengisian daya baterai dapat lebih cepat.

Rekomendasi Handphone Terbaik yang Wajib Anda Punya

Setelah mengetahui tips-tips memilih Hp yang oke, selanjutnya Anda harus mengetahui rekomendasi Hp murah dengan kualitas yang bagus. Nah, ini dia rekomendasi Hp terbaik yang harus Anda beli.

  1. Samsung Galaxy A31

Samsung merupakan salah satu merek smartphone terbaik yang produknya tak pernah mengecewakan. Dari sekian banyak produk Hp Samsung, Galaxy A31 menjadi salah satu yang begitu digilai masyarakat. Hp ini dibekali dengan layar infinity-U yang berukuran 6,4 inci.

Dengan Hp ini Anda bisa bermain game maupun menonton video dengan kualitas yang baik karena menggunakan layar Full HD dan super AMOLED. Tersedia dalam pilihan RAM 4 GB dan 6 GB, Galaxy A31 ini menggunakan prosesor Octa-core yang membuat performanya cukup tangguh. Kerennya lagi, kapasitas baterai yang ditawarkan oleh smartphone ini yaitu sebesar 5.000 mAh yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Harganya hanya sekitar Rp 4.000.000 saja.

  1. Infinix Hot 9 Play Smartphone

Infinix menjadi salah satu merek yang sedang hits belakangan ini. Untuk produk Hot 9 Play-nya, Infinix memasang harga hanya Rp 1.000.000-an saja. Dengan harga se-murah itu, Anda sudah mendapatkan Hp berkapasitas baterai 6.000 mAh dengan layar selebar 6,8 inci.

Hp yang baru rilis pada April 2020 ini dibekali dengan kamera belakang 13 MP yang pasti dapat menghasilkan foto yang super keren dan tajam. Tak kalah dari Galaxy A31, Infinix Hot 9 Play juga sudah menggunakan prosesor Octa-core.

  1. Xiaomi Redmi 7
Baca Juga:  Efek Buruk Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

Redmi 7 juga merupakan salah satu smartphone Rp 1.000.000-an yang dibekali dengan spek yang tangguh. Pada bagian depannya, Redmi 7 menggunakan kaca. Sementara bagian bodinya terbuat dari material plastik.

Xiaomi juga sudah membekali Hp ini dengan Corning Gorilla Glass 5 agar untuk melindungi layar. Untuk kamera belakang, Redmi 7 memiliki kamera berukuran 12 MP + 2 MP yang pastinya membuat hasil foto lebih canggih. Sedangkan kamera depannya berukuran 8 MP yang juga dapat menghasilkan gambar dengan efek bokeh.

  1. Oppo Reno 4F

Layar super AMOLED berukuran 6,4 inci agaknya mampu menjadi daya tarik tersendiri dari Oppo Reno 4F. Smartphone dengan harga kurang dari Rp 2.000.000 ini rupanya memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh dengan dilengkapi fitur fast charging yang mencapai 18 Watt.

Oppo yang terkenal dengan kualitas kameranya ini membekali Reno 4F dengan kamera belakang berukuran 48 MP yang dilengkapi dengan fitur Al Portrait Camera. Dengan begitu, Anda bisa berfoto ria sepuasnya dengan hasil yang kece. Hp dengan berat 164 gram ini juga dibekali RAM sebesar 8 GB untuk menyimpan berbagai data pengguna.

  1. Vivo V19

Vivo V19 adalah smartphone berdesain tanpa bezel atau bezel less yang dibekali dengan prosesor Snapdragon 675. Dengan RAM 8 GB, V19 siap menemani berbagai aktivitas digital Anda. Ditambah lagi dengan kapasitas baterai 4.500 mAh dengan fast charging mencapai 18 W, Anda bisa menggunakan Hp ini seharian penuh. Untuk layarnya, smartphone ini memiliki resolusi Full HD+ dan super AMOLED berukuran 6,44 inci.

Soal kamera, Vivo memang tak pernah pantas diragukan. V19 ini dibekali dengan kamera 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2MP dan kamera depan 32 MP. Dengan fitur kamera tersebut, pengguna bisa mengabadikan setiap momen dalam bentuk foto yang super keren. Ada juga fitur Super Night Selfie yang dapat menghasilkan foto dari kamera depan yang terang meski dalam kondisi minim cahaya.

Itu dia tips dalam memilih handphone yang murah dan berkualitas beserta rekomendasi 5 smartphone kekinian dengan fitur yang lengkap. Sebenarnya masih ada banyak pilihan smartphone lain yang tak kalah canggih. Anda bisa memilih smartphone favorit Anda dengan tetap memperhatikan tips-tips di atas agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Agar lebih aman, sebaiknya Anda membeli Hp di toko yang sudah resmi. Kalaupun Anda membeli Hp yang bekas, pastikan Anda mengecek kelengkapan Hp yang dimiliki oleh penjual.

Tinggalkan Komentar