Adrie Subono, Sang Promotor Sukes

0
46

Dalam hingar bingar kemeriahan konser musik tersebut ada kerja keras dari para kru Java Musikindo, perusahaan yang dibentuk oleh seorang pria yang lahir tanggal 11 Januari 59 tahun silam. Berbekal hobinya menonton konser-konser dari musisi dunia pada saat masih tinggal dan hidup di negara Jerman itulah yang memprakarsai pria yang memiliki nama lengkap Adrie Nurmianto Subono atau yang akrab dengan sebutan Adrie Subono ini untuk menjadi seorang promotor untuk acara / event-event musik besar tersebut di Indonesia. Berbekal keyakinan bahwa bisnis hiburan itu tidak ada matinya itulah ayah 3 orang anak ini memulai usaha yang mulai digelutinya hampir 20 tahun ini. Terbilang sudah entah berapa jumlahnya musisi yang telah ia undang untuk menggelar konsernya di Jakarta diantaranya Westlife, Incubus, Avril Lavigne, Mariah Carey, Maroon 5 dan masih banyak lagi yang lainnya termasuk musisi-musisi lokal.

Dalam mengembangkan usahanya tersebut, Adrie menerapkan sistem Learning By Doing, jatuh bangun sudah dia alami, ada keuntungan ada juga kerugian, namun semua justru dijadikan pembelajaran supaya bisa semakin sukses lagi karena kesulitan sebenarnya terletak pada mempertahankan yang sudah dirintis sejak lama ini. Sejak kecil ia memang sudah dididik keras oleh ayahnya yang merupakan seorang tentara, namun hasilnya dapat kita lihat sekarang dari suksesnya perusahaan Java Musikindo yang tidak hanya menjadi promotor atau EO juga perusahaan label rekaman yang memanajeri beberapa musisi lokal. Pria yang ternyata keponakan dari BJ Habibie ini mengatakan jika ingin konser yang anda buat itu sukses jangan hanya memikirkan untung yang akan diraup saja, yang paling penting lagi yakni perhatikan kenyamanan juga keamanan bagi penonton. Bagian per bagian harus diperhitungkan dengan detail, cermat serta teliti baik soal gedung, sarana prasarana, dan paling utama keselamatan penonton. Pernah sekali dua kali ia terpaksa menelan pil pahit karena musisi luar negeri yang dipromotorinya tidak jadi datang sehingga mau tak mau konser pun gagal, menurut ayah dari Melanie, Adrian, dan Christy ini semua kendala meskipun buruk kegagalan / kekecewaan merupakan bagian dari pembelajaran, namanya pekerjaan ya harus benar-benar ditekuni, enak tidak enak suau profesi ya tetap harus maju jalan.

Baca Juga:  Sapardi Djoko Damono, Sajak-sajaknyanya yang Sederhana Tidak Terlupa

Kini, meski telah dinilai sukses dan menjadi promotor musik senior di Indonesia, ia tak mau pelit ilmu, ini dibuktikan dengan rilisnya buku beliau yang bertajuk Wow, kemudian keaktifannya mengisi acara talk show di beberapa acara yang tujuannya memberikan inspirasi bagi generasi muda. Setelah sukses dengan deretan konser yang pernah di gelarnya, apalagi sih yang ingin dicapai seorang Adrie Subono di bisnis ini ? “Inginnya sih bisa membuat festival konser musik besar yang profesional dan bisa diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, apalagi yang melibatkan musisi-musisi internasional” begitu pungkasnya. Cita-citanya ingin membuat festival musik tahunan yang bisa membawa nama Indonesia harum di kancah musik internasional, bukan hanya festival musik yang berjalan sekali dua kali saja. (Teks: Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: cangkirharianku.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar