Bakso Malang

0
178

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Anda pasti setuju, bakso adalah makanan paling favorit di Indonesia. Banyaknya penjual bakso baik yang berkeliling menggunakan gerobak maupun kedai-kedai bakso membuat makanan ini mudah ditemui. Harganya yang relatif terjangkau, rasanya yang gurih, enak dengan kuah hangat segar, membuat bakso disukai semua kalangan masyarakat dari segala usia. Bakso sendiri adalah bola daging yang umumnya dibuat dari campuran tepung serta daging sapi giling, seiring beragamnya permintaan pasar, hadir juga bakso ikan, bakso udang, bakso ayam, bahkan bakso jamur.

Sejarah awal lahirnya bakso tidak lepas dari pengaruh akar kuliner warga Tionghoa di Indonesia. Istilah bakso sendiri kalau diterjemahkan dalam Bahasa Hokkien artinya daging babi giling, namun karena mayoritas oenduduk di Indonesia adalah muslim, maka bakso dibuat dari daging yang halal seperti sapi, ayam, ikan, dan lain-lain. Kini seiring bergulirnya waktu, orang mengenal bakso sebagai olahan daging giling saja.

Penjual bakso sendiri kebanyakan adalah orang Jawa, varian bakso yang terkenal yakni Bakso Wonogiri, Bakso Solo, dan yang paling populer yaitu Bakso Malang. Bila anda berkesempatan berlibur ke kota Malang, Jawa Timur jangan heran bila banyak sekali tempat makan bakso dengan berbagai konsep mulai dari resto, kedai sederhana, maupun gerobakkan, dan kesemua baksonya tidak ada yang tidak enak. Bahkan bakso gerobakkan yang biasa berkeliling dari rumah ke rumah. Kabarnya, pelopor usaha bakso di Malang ini diprakarsai seseorang yang bernama Abah Sugito.

Bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi kemudian dilengkapi mie, tahu, bakso goreng, pangsit goreng, sayuran, dan bertabur bawang goreng juga irisan daun seledri, tambahkan sambal, kecap, juga saos tomat untuk menambah nikmatnya semangkuk bakso pesanan anda. Warga Malang, biasa menyebut bakso bulat dengan istilah penthol, biasanya seporsi Bakso Malang ini harganya tergantung dari jenis yang anda pilih, misal dalam satu mangkuk anda ada 3 butir bakso dan 1 buah tahu harganya berkisar Rp. 4000 – Rp. 5000,-. Jadi tergantung jenis dan banyaknya pesanan anda, kalau bakso lain biasanya harganya sudah dipatok per porsi, misal semangkuk Rp. 7000,- sudah termasuk mie jg bakso beberapa butir. Bakso Malang kebanyakan dinikmati tanpa mie, namun itu semua tergantung selera anda masing-masing.

Tinggalkan Komentar