Coto Makassar dan Es Pisang Ijo

0
116

Kali ini kita bahas kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan yang satu ini juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas. Es Pisang Ijo dan Coto Makassar, memang memiliki banyak penggemar, apalagi Es Pisang Ijo sepertinya semua orang gemar menikmati semangkuk es segar ini apalagi dikala cuaca sedang panas, kombinasi Coto Makassar dan Es Pisang Ijo juga cocok anda pilih sebagai menu makan siang anda, membayangkannya saja sudah membuat semangat bukan ?

Coto Makassar sendiri merupakan makanan berkuah dengan bumbu rempah yang banyak sehingga memiliki rasa yang khas. Biasanya isi Coto Makassar adalah daging sapi atau jeroan sapi yang dibumbui kemudian direbus dalam waktu tertentu. Setelah matang, daging sapi dan jeroan ini disiram kuah rempah yang berwarna kecoklatan dan ditaburi bawang goreng. Coto Makassar ini dinikmati bersama ketupat.

pisang-ijo

Sedangkan Es Pisang Ijo adalah sejenis hidangan pencuci mulut atau snack, bahan utamanya adalah pisang ijo, buah pisang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau yang kemudian dikukus, lalu disajikan dalam mangkuk bersama adonan seperti bubur sumsum (tapi bukan bubur sumsum, hanya menyeruapi) lalu disiram sirup merah menggoda, hmmm…segar dinginnya amat memanjakan tenggorokkan anda. Perpaduan yang pas bukan, setelah menikmati semangkuk Coto Makassar kemudian dilanjutkan dengan Es Pisang Ijo, wah…mantap! (Arisca Meir/inloveindonesia.cm) (Foto: ceritamakassar.wordpress.com; blog.kliktoday.com)

Baca Juga:  Gurih Manisnya Bubur Sumsum

Tinggalkan Komentar