Pesona Kekayaan Raja Ampat

0
47

Raja Ampat, keindahannya sudah dikenal hingga ke penjuru nusantara, bahkan meluas ke mancanegara, pesonanya sudah mendunia, membuat siapapun ingin sekali berkunjung kesana. Kepualauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang lokasinya berdekatan di bagian Barat Kepala Burung (Vogelkoop) kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, empat pulau tersebut masing-masing memiliki nama yakni Pulau Waigeo, Pulau Salawati, Pulau Misool, dan Pulau Batanta . Daya tariknya juga terletak pada pemandangan bawah lautnya, anda yang hobi diving atau snorkling, Raja Ampat merupakan salah satu surga di dunia yang wajib anda kunjungi, anda akan dibuat terkagum-kagum begitu anda berkesempatan melihat langsung biota laut yang hidup di perairan Raja Ampat berikut tumbuhan-tumbuhan lautnya, tiada dua pokoknya.

Seperti halnya daerah lain, objek wisata ini pun memiliki kisahnya sendiri, konon asal nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh butir telur.

Resort-Atas-Laut-Sisi-Lain-Pantai-Ora-12

Empat diantaranya menetas dan hadirlah empat orang pangeran yang kemudian berpisah, masing-masing dari mereka kemudian menjadi raja dan memimpin empat pulau yang telah disebutkan diatas. Sedangkan sisanya, ada yang menjadi batu, hantu dan seorang wanita. Dalam sejarahnya dahulu, wolayah ini dihuni masyarakat keturunan bangsawan dengan  penerapan sistem adat Maluku. Sejak berdiri kesultanan muslim di wilayah Maluku, Raja Ampat di klaim Kesultanan Tidore, dan ketika Keultanan ini takluk dengan Belanda, Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia-Belanda. Masyarakat Raja Ampat umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka terkenal ramah dan welcome dengan orang di luar lingkungannya.

Kawasan Raja Ampat memang merupakan objek wisata berpotensi tinggi. Menurut berbagai sumber, kawasan perairan disini adalah salah satu dari sepuluh perairan terbaik untuk melakukan aktivitas diving di seluruh dunia. Ditunjang dengan kelengkapan biota lautnya yang luar biasa”meriah” di bawah air sana. Seorang ahli karang asal Australia, Dr. John Veron mengatakan bahwa kawasan perairan wilayah Raja Ampat ini mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia, jenidnya yang beragam serta jumlahnya yang sangat banyak menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Terumbu karang disini pun memiliki kemampuan tumbuh kembang yang baik. Uniknya lagi, spesies yang bisa anda temui ketia menyelam yakni kuda laut katai, ikan pari manta, juga wobbegong. Anda bisa dikelilingi ribuan ikan ketika berkunjung ke tempat mereka, dijamin seru!

Baca Juga:  Pulau Weh, Tempat Menyelam Terbaik Yang Tersembunyi Di Balik Karang

Untuk mencapai kawasan ini tidaklah terlalu sulit, meski membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

rajaampat1

Jika anda lewat jalan udara, anda bisa mendarat di kota Sorong. Anda memiliki dua pilihan diantaranya adalah ikut tur dngan perahu pinsi atau tinggal di resor Papua Diving. Selain asyik untuk melakukan kegiatan menyelam, anda juga bisa bermain pasir di pinggir pantai, atau sekedar bersantai. Dengan potensi dan daya tarik keindahan alam yang dimilikinya, otomatis membawa ancaman yang tidak bisa diremehkan apabila kita sebagai pengunjung tidak sadar lingkungan, dalam artian tidak menjaga kelestarian alam, melakukan pengrusakan, mengotor pantai, maupun mengganggu ekosistem yang hidup disekitarnya. Saat ini usaha konservasi sangat diperlukan daerah ini, jangan sampai potensi yang kita miliki tidak bertahaan selamanya hanya karena tangan jahil kita. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: indonesia.travel; indonesia-tourism.com; shantiutami.blogspot.com)

BAGIKAN
Berita sebelumyaCendana
Berita berikutnyaGaruda Wisnu Kencana Bali

Tinggalkan Komentar